Calon DPD RI Dapil Riau Juprizal S.Th.I.,SH.,MH

Kamis, 14 Desember 2023 - 18:42:52 WIB Cetak

Betuah Pekanbaru- Juprizal, S.Th.I.,SH.,MH, adalah Calon Angota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau yang berada pada nomor urut 13.

Banyak hal yang akan diperjuangkannya bagi Riau ketika duduk sebagai Anggota DPD RI.

Dalam wawancara dengan AmiraTV, Kamis (13/12/2023) di Bandara SSQ, disampaikan, bahwa salah satunya adalah bagaimana agar Dana Bagi Hasil (DBH) Migas untuk Riau ditingkatkan sebagai Daerah Penghasil. Kemudian dirancang pula UU untuk DBH Sawit dan DBH Kayu HTI jumlahnya mencapai jutaan hektar di Provinsi Riau.

Juprizal yakin dengan 3 DBH tersebut, yakni DBH Migas, DBH Sawit dan DBH Kayu HTI tak akan ada lagi kemiskinan dan kebodohan di Riau.

Sebab dengan 3 DBH tersebut APBD Riau akan meningkat drastis sehingga biaya pendidikan bisa digratiskan mulai dari PAUD sampai universitas. Begitu pula biaya kesehatan juga dapat digratiskan mulai dari Puskesmas, RSUD dan Rumah Sakit Swasta biayanya ditanggung Pemerintah Provinsi Riau, hanya dengan menunjukkan KTP Riau.

Juprizal juga merupakan inisiator Perda Zakat di Kabupaten Siak itu juga menginginkan Riau menjadi provinsi yang rakyat sejahtera karena APBD besar dari Dana Bagi Hasil tersebut.

Kemudian untuk memperpendek rentang kendali dan pelayanan masyarakat sampai ke desa dan kampung. Juprizal siap memperjuangkan pemekaran kota dan kabupaten di Riau seperti Kabupaten Rumbai Pesisir, Kabupaten Rokan Darussalam, Kabupaten Gunung Sahilan Darussalam, Kabupaten Inhil Utara, Kabupaten Inhil Selatan, dll.

Pemekaran ini menurutnya sangat mendesak karena jumlah penduduk Riau meningkat pesat dari tahun ke tahun, wilayah Riau yang terlalu luas dan kabupaten kotanya hanya berjumlah 12 kabupaten, dibanding provinsi tetangga seperti Sumbar dan Sumut pemekaran kota dan kabupaten di Riau jauh tertinggal.

Hal lain, Juprizal menegaskan akan melakukan pendampingan bagi masyarakat yang tengah menghadapi konflik agraria.

"Saya akan selalu turun ke daerah-daerah yang masyarakatnya tengah menghadapi konflik agraria dengan pihak-pihak tertentu," ujarnya.***



Baca Juga Topik #politik+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+