Warga Terdampak Banjir di Pekanbaru Mulai Terserang Penyakit Kulit

Rabu, 10 Januari 2024 - 23:01:14 WIB Cetak

Banjir luapan Sungai Siak yang merendam pemukiman warga di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengungkapkan, saat ini sudah banyak warga yang terdampak banjir terserang penyakit kulit.

"Kebanyakan dari warga mengalami penyakit kulit. Penyakit ini kerap terjadi pasca banjir," ujar Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Rabu (10/1/2024).

Untuk itu, kata dia, Diskes Pekanbaru telah menyiagakan tenaga kesehatan guna mengobati warga di lokasi terdampak banjir. Warga bisa berobat secara gratis.

Ia menyampaikan, pengobatan gratis bagi warga terdampak banjir tersebut telah diberikan di beberapa titik.

Selain penyakit kulit, lanjut Arnaldo, ada juga warga yang menderita demam dan flu. Untuk itu, tim dari Diskes setempat aktif turun ke lokasi banjir guna memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

"Namun banyak dari warga terdampak mengalami gatal-gatal hingga kutu air, karena sudah lama pemukimannya terendam banjir," ucapnya.

Seperti diketahui, banjir akibat tingginya curah hujan dan luapan Sungai Siak telah merendam pemukiman warga di sejumlah kecamatan sejak satu pekan terakhir.

Dari data Dinas Sosial Kota Pekanbaru, saat ini tercatat ada 1.500 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. Kebanyakan warga yang terdampak berada di wilayah Kecamatan Rumbai.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+