MTQ Binawidya, Pj Walikota: Kalau Alquran Kita Aplikasikan, Seluruh Persoalan akan Tuntas

Rabu, 31 Januari 2024 - 23:37:49 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Ketua TP PKK Raja Rilla Mustafa, pada pembukaan MTQ ke-IV tingkat Kecamatan Binawidya, Rabu (31/1/2024) malam.

Betuah Pekanbaru - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IV tingkat Kecamatan Binawidya yang dipusatkan di Masjid Paripurna Al Muhajirin, Jalan Rajawali Sakti, Kelurahan Tobek Godang, dibuka secara resmi oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Rabu (31/1/2024) malam.

Kegiatan diawali dengan pawai ta'aruf dari kafilah Kelurahan Delima, disusul kafilah Simpang Baru, kafilah Binawidya, kafilah Tobek Godang dan kafilah Sungai Sibam.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Alquran dan doa, lalu kata sambutan dari tokoh masyarakat, serta sambutan Pj walikota sekaligus membuka secara resmi MTQ tingkat Kecamatan Binawidya.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan jika MTQ merupakan iven tahunan yang dilaksanakan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

"Untuk MTQ tingkat kecamatan, ini bertujuan menseleksi qori-qoriah terbaik yang nantinya akan bertanding, berlaga di MTQ tingkat kota," ucapnya.

Pada MTQ tingkat kota yang sesuai jadwal digelar pada 24 Februari mendatang, kata Muflihun, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kemudian akan menseleksi qori-qoriah terbaik sebagai perwakilan Kota Bertuah di MTQ tingkat Provinsi Riau.

"Seleksi ini harus dilakukan. Karena perlu juga saya sampaikan dan ini jadi PR kita bersama, tahun kemarin kita cuma bisa meraih juara 2 di tingkat provinsi, padahal ini adalah ibukota Provinsi Riau. Seharusnya Pekanbaru bisa meraih juara umum," ujarnya.

"Makanya menjadi tugas kita bersama-sama membantu, camat, lurah, tokoh masyarakat, RT RW, LPM dan semua pihak lainnya, mari sama-sama kita dukung, kita support, sehingga kafilah kita, qori-qoriah kita bisa meraih juara umum tingkat provinsi," harapnya menambahkan.

Di samping itu, lanjut Muflihun, MTQ yang rutin digelar setiap tahunnya juga bertujuan memotivasi warga khususnya generasi muda untuk selalu mencintai, membaca, menghafal, memahami dan menerapkan isi kandungan Alquran di dalam kehidupan.

"MTQ ini juga wadah bagi kita untuk berinteraksi, bersilaturahmi, berkomunikasi, mari-sama kita syiarkan, kita kobarkan Alquran di tengah-tengah masyarakat," ajaknya.

Di kesempatan itu, Muflihun tak lupa menyampaikan sejumlah program Pemerintah Pusat seperti pengentasan stunting dan kemiskinan ekstrem, serta pengendalian inflasi.

Menurut dia, apabila Alquran betul-betul dipahami dan diterapkan di dalam kehidupan, maka berbagai persoalan kota maupun program Pemerintah Pusat akan teratasi dengan sendirinya.

"Kalau kita pahami, bisa mengaplikasikan Alquran di masyarakat, Insyaallah seluruh persoalan kota pasti akan tuntas," tegasnya.

"Jadi kalau lah Alquran betul-betul kita pahami, kita praktekan di dalam kehidupan, otomatis dengan sendirinya kita yang memiliki kemampuan akan terdorong untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu di lingkungan tempat tinggal," sambung Muflihun.

"Dengan demikian, maka persoalan stunting dan kemiskinan ekstrem akan bisa kita selesaikan. Karena itu, mari kita jadikan MTQ ini sebagai wadah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita. Sama-sama kita masifkan, sebarkan, syiarkan Alquran di masyarakat, dan kemudian mengaplikasikannya di tengah-tengah kehidupan kita bermasyarakat," kata Muflihun lagi.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan lima program prioritas Pemko Pekanbaru di antaranya bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu, santunan kematian bagi ahli waris keluarga kurang mampu, serta subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku UMKM.

Lalu program doctor on call atau layanan kesehatan 24 jam, dan terakhir Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB). Yang mana, warga cukup menunjukan KTP saat berobat ke puskesmas dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Semua program ini kita siapkan untuk dinikmati dan dimanfaatkan oleh warga. Program ini untuk semua warga, tidak ada perbedaan suku maupun agama, semua warga bisa mendapatkan dan memanfaatkan program yang kita jalankan," tutup Muflihun.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Raja Rilla Mustafa Muflihun, Kepala Dinsos yang juga Ketua LPTQ Pekanbaru Idrus, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sarbaini, Camat Binawidya Indah Vidya Astuti, lurah se-Kecamatan Binawidya, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta ratusan warga.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+