Pakai Aplikasi CMS, Bendahara SD Hingga SMP di Rupat Semakin Dipermudah Dalam Transaksi Keuangan

Selasa, 27 Februari 2024 - 16:18:36 WIB Cetak

Pegawai BRK Syariah Cabang Bengkalis melakukan edukasi dan pendaftaran aplikasi CMS bagi bendahara Gaji dan BOS sekolah SD dan SMP se kecamatan Rupat dan Rupat Utara

Betuah Rupat - Penggunaan aplikasi Cash Management System (CMS) Bank Riau Kepri Syariah sangat membantu para bendahara di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam pembayaran gaji dan menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Mengingat sudah banyaknya sekolah di Kecamatan Rupat dan Rupat Utara yang sudah menggunakan aplikasi CMS, Cabang Bengkalis mengirimkan tim Funding Officer untuk menggelar kegiatan edukasi dan pendaftaran aplikasi CMS bagi bendahara Gaji dan BOS sekolah SD dan SMP se kecamatan Rupat dan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas akses keuangan BRK Syariah hingga ke ujung pulau terluar di Kabupaten Bengkalis. Dengan adanya CMS ini nantinya untuk transaksi keuangan tidak perlu lagi untuk datang kekantor BRK Syariah,” kata Funding Officer BRK Syariah Cabang Bengkalis Syahri Romadona, Senin (26/2/2024).

Kegiatan tersebut, kata Syahri berlangsung di waktu yang berbeda antara Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara. Untuk di Kecamatan Rupat berlangsung pada 19 Februari 2024 diikuti oleh 38 Sekolah Dasar, 11 Sekolah Menengah Pertama dan dibuka oleh Kepala Korwilcam Rupat Hendri serta dihadiri langsung Pinkedai Rupat, Zulkarnain.

“Sedangkan di Rupat Utara, kegiatan yang sama berlangsung pada tanggal 21 Februari 2024 di Aula SD Negeri 3 Rupat Utara. Korwilcam Disdik Arafik dan Pimpinan Kedai Rupat Utara Husdy Halim juga mengikuti kegiatan hingga selesai. Ada 4 Sekolah Menengah Pertama dan 14 Sekolah Dasar,” ujarnya lagi.

Masih kata Syahri, aplikasi CMS ini bermanfaat untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang mandiri dan berbasis non tunai.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah-sekolah, karena tetap memberikan kepercayaan kepada BRK Syariah dalam pengelolaan dan transaksi keuangan di gaji dan penggunaan dana BOS,”sebut Syahri lagi.

Melihat kemajuan teknologi semakin canggih, kata Syahri, sudah selayaknya seluruh sekolah kini memanfaatkan aplikasi CMS ini. Banyak manfaat dari transaksi non tunai secara internal, yakni untuk mengetahui aliran seluruh transaksi, sehingga lebih akuntabel.

“Setiap transaksi didukung bukti yang sah, pengendalian Kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan Kas, menghasilkan laporan Kas secara riil dan proses laporan akhir tahun cepat dan akurat, membangun kedisiplinan pengelolaan keuangan dalam melakukan pencatatan dengan meminimalisir kesalahan, belanja lebih efektif dan efisien,” tutupnya. *



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+