Pembelian Elpiji 3 Kilogram di Pekanbaru Bakal Pindai Kode QR

Kamis, 21 Maret 2024 - 23:39:09 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Pembelian elpiji 3 kilogram di Kota Pekanbaru, bakal menggunakan QR code. Nantinya, warga yang akan membeli elpiji subsidi tersebut mesti melakukan scan QR code terlebih dahulu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, penggunaan QR code bertujuan agar pendistribusian subsidi 3 kilogram lebih tepat sasaran.

"Ini sesuai informasi dari Pertamina. Jadi, pembelinya harus scan QR agar pembeli elpiji tiga kilogram ini lebih jelas," ucapnya, Kamis (21/3/2024).

QR code, kata Ami, sapaan akrabnya, juga untuk memastikan harga jual elpiji 3 kilogram sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan pemeritah yakni sebesar Rp18 ribu per tabung.

"Sebab masih banyak yang menjual di atas HET, kan sudah tidak benar itu. Maka lewat aplikasi itu diketahui siapa yang membeli dan penjualannya kemana saja," ujarnya.

Kemudian, lanjut Ami, pihaknya bersama instansi terkait juga akan melakukan pengawasan bersama untuk alur distribusi gas elpiji 3 kilogram. Ia menyebut tidak cuma pangkalan yang harus diawasi tapi juga agen.

"Kita tentu ingin lebih meningkatkan pengawasan bersama, bahkan kalau bisa diawasi dari SPBE," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+