Pemko Pekanbaru Hitung Kebutuhan Anggaran untuk Subsidi Angkutan Bahan Pokok

Kamis, 21 Maret 2024 - 23:54:02 WIB Cetak

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, akan menghitung kebutuhan anggaran untuk memberikan subsidi ke angkutan barang yang memasok bahan kebutuhan pokok ke Kota Bertuah.

"Tentu kita harus hitung dulu. Nanti tidak cuma cabai merah saja, tapi juga bawang merah, kentang dan bahan pangan lainnya," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (21/3/2024).

Setelah didapatkan angkanya, terang dia, nantinya anggaran subsidi bagi angkutan bahan kebutuhan pokok itu akan diambil melalui anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Besaran subsidi sendiri bersifat situasional.

Menurut Ingot, intervensi dengan memberikan subsidi ke angkutan barang perlu dilakukan guna memastikan harga bahan kebutuhan pokok di pasar dalam Kota Pekanbaru bisa tetap stabil.

"Misal, awal Ramadhan saja (harga bahan pokok) agak tinggi karena banyak mobil tidak jalan. Terus ada gangguan bencana alam, tentu mempengaruhi biaya transportasi," ucapnya.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini biaya transportasi kembali normal. Kondisi ini yang membuat besaran biaya tranportasi berbeda-beda setiap harinya.

Kenaikan harga bahan pangan di Pekanbaru terjadi karena pasokan yang berkurang. Faktor bencana alam juga ikut mempengaruhi kenaikan harga bahan pangan di pasaran.

"Momen Ramadhan juga mempengaruhi aktivitas masyarakat, tentu berdampak kepada harga bahan pangan," tutupnya.***
 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+