Cuaca Panas, BPBD Pekanbaru Klaim Belum Ada Kebakaran Lahan

Selasa, 26 Maret 2024 - 13:10:10 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, mengkalim sejak beberapa pekan terakhir belum ada kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, menyikapi cuaca panas menyengat yang kini tengah melanda Ibukota Provinsi Riau.

Lantaran masih bebas dari karhutla, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum menetapkan status darurat karhutla seperti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

"Untuk status di Pekanbaru belum ditentukan," ungkap Zarman, Selasa (26/3/2024).

Namun demikian, kata dia, BPBD Kota Pekanbaru tetap menyiagakan personel dan sarana prasana (sarpras) penunjang jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan.

Kemudian, lanjut Zarman, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan juga ke instansi vertikal. Menurutnya, koordinasi perlu dilakukan agar karhutla dapat ditanggulangi.

Di samping itu, BPBD juga mengimbau warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Himbauan ini juga sudah ditandatangani oleh bapak Pj Walikota Pekanbaru, yang nantinya akan disosialisasikan melalui masing-masing camat untuk diteruskan ke lurah hingga RT/RW," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+