Target 45 Persen, Serapan Anggaran Pemko Pekanbaru Baru 27 Persen

Selasa, 04 Juni 2024 - 17:10:53 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Serapan anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, hingga awal Juni ini baru berkisar 27 persen dari total APBD murni tahun 2024 senilai Rp2,825 triliun.

Sementara sesuai target yang ditetapkan Pemerintah Pusat, pada semester pertama atau Januari-Juni 2024, serapan anggaran pemerintah daerah (pemda) bisa mencapai 45 persen.

"Untuk itu kita terus menggesa ini. Karena di semester pertama ini kan kita minimal 45 persen sesuai arahan dari Mendagri," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (4/5/2024).

"Tadi kami cek di BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah), capaian realisasi fisik kita itu sudah mencapai lebih kurang 30 persen, terus keuangan kita di angka 27 persen," ulas Indra.

Diharapkan, dengan waktu sisa satu bulan lagi sebelum triwulan II berakhir, target serapan anggaran 45 persen bisa tercapai.

Agar serapan anggaran bisa sesuai target, lanjut Indra, Pemko Pekanbaru mendorong OPD supaya menggesa pelaksanaan kegiatan fisik dan menyerap anggaran yang telah dialokasikan.

"Karena seharusnya pada triwulan pertama realisasinya sekitar 20 persen, triwulan dua 25 persen, triwulan tiga 25 persen, dan triwulan empat 30 persen. Harusnya, di akhir Juni nanti (serapan anggaran) sudah 45 persen. Jadi ini masih on the track lah," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+