PPDB SMP Negeri di Pekanbaru Dimulai 26 Juni, SD Negeri 1 Juli

Jumat, 07 Juni 2024 - 15:17:04 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

Betuah Pekanbaru - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Pekanbaru, sesuai jadwal dibuka mulai tanggal 26 hingga 29 Juni mendatang.

Kemudian untuk hasil seleksi administrasi diumumkan tanggal 2 Juli dan daftar ulang tanggal 2 sampai 4 Juli.

Sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) negeri, PPDB dibuka dari tanggal 1 hingga 4 Juli. Lalu hasil seleksi administrasi diumumkan tanggal 6 Juli. Sedangkan untuk pendaftaran ulang dari tanggal 7 sampai 9 Juli.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal menyebutkan, tahun ini PPDB SMP dan SD negeri akan dilaksanakan secara online.

"Jadi ada perubahan untuk PPDB tahun ini. Jika sebelumnya hanya SMP negeri, maka tahun ini SD negeri juga melaksanakan PPDB dengan sistem online," ucapnya, Jumat (7/6/2024).

Meski mulai diterapkan secara online, kata Jamal, namun warga atau orangtua calon peserta didik tetap boleh datang ke sekolah tujuan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan PPDB tersebut.

"Artinya bagi orangtua yang belum mengetahui cara mendaftar dengan sistem online, mereka bisa datang ke sekolah, minta petunjuk ke petugas operatornya," ujar dia.

Dengan menerapkan PPDB secara online, lanjut Jamal, warga juga bisa ikut memantau pelaksanaan PPDB melalui website resmi yang disediakan Disdik Pekanbaru.

Disisi lain, penerapan PPDB dengan sistem online juga dapat mengantisipasi terjadinya praktik suap ataupu gratifikasi sehingga warga terhindar dari iming-iming calo yang menjanjikan bisa memasukan anaknya di sekolah negeri.

"Artinya, masyarakat dan semua orang bisa turut mengawasi pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan secara online," pungkasnya.

Perlu diketahui, untuk link pendaftaran PPDB SD dan SMP Negeri Pekanbaru dapat melalui website https://ppdbpekanbaru.id.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+