Memanfaatkan Inovasi Dirjend Imigrasi, PP IKA SMANSA Pekanbaru Buat Paspor Kolektif Untuk Para Alumni

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:36:07 WIB Cetak

(Foto dari kanan) Bendahara Umum PP IKASMANSA Elly Suryani Masfar, Sekjen PP IKASMANSA Priyo Anggoro, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru Syahrioma Delavino, Wakil Bendahara Umum Evi Susanto dan salah seorang pejabat di lingkungan Kantor Imigrasi

Betuah Pekanbaru-  Memfasilitasi dan memudahkan para alumni untuk membuat paspor, Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 1 (PP IKA SMANSA) Pekanbaru bekerjasama dengan Kantor Imigrasi kelas I TPI Pekanbaru dalam pembuatan paspor kolektif atau layanan Eazy Passport. Kegiatan ini dilaksanakan di sekretariat PP Ikasmansa jalan Ronggowarsito Pekanbaru, Selasa (16/7/2024).

Sekjen PP IKASMANSA Pekanbaru, Priyo Anggoro, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pekanbaru yang telah menjalin kerjasama dengan IKA SMANSA Pekanbaru untuk melaksanakan layanan Paspor Kolektif atau Eazy Passport.

Apalagi saat ini alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru menyebar diseluruh Indonesia bahkan banyak juga berdomisili di luar negeri. Untuk itu dengan adanya fasilitas layanan paspor kolektif ini sangat memudahkan para alumni. Dalam prosesnya alumni tidak perlu datang dan antri di Kantor Imigrasi, hanya cukup datang ke Sekretariat IKA SMANSA sambil bersilaturahmi bersama alumni, pasporpun selesai.

Priyo menambahkan, untuk kali ini pihaknya membuka kuota sebanyak 100 paspor untuk para pengurus dan alumni serta keluarga alumni namun karena sesuatu hal yang mengajukan permohonan hanya sebanyak 94 orang.

Untuk proses pembuatan paspor pihaknya juga membantu para alumni untuk mengumpulkan data dan berkas sebagai syarat pembuatan paspor dan sekarang ini para alumni hanya tinggal berfoto dan tanda tangan semua dilakukan dengan mudah dan efisien.

“Alumni kita banyak berdomisili di luar negeri bahkan Pengurus IKA SMANSA sudah ada terbentuk  di beberapa negara lain dan kebetulan juga kepala Imigrasi Pekanbaru juga alumni SMA 1 Pekanbaru, jadi dengan adanya pembuatan paspor kolektif ini jelas sangat memudahkan para alumni,” ujar Priyo

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru Syahrioma Delavino, mengatakan, layanan Eazy Passport atau paspor kolektif merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan Pelayanan Keimigrasian.

Layanan ini, pemohon tidak perlu datang lagi ke Kantor Imigrasi, tidak perlu lagi mengantri, tapi kami berikan dengan cara petugas datang langsung ke tempat, lalu para alumni yang sedang kumpul atau bersilaturahmi pun bisa melakukan permohonan karena dilayani di tempat.

Layanan Eazy Passport atau paspor kolektif ini dapat diajukan oleh perkantoran, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, komunitas, organisasi, lingkungan komplek perumahan, swasta yang berada di Pekanbaru, Kampar, Rohul dan Pelalawan bisa bersurat secara resmi atau langsung menghubungi Imigrasi Pekanbaru.

“Untuk layanan paspor kolektif ini satu bulan Imigrasi Pekanbaru bisa 3 hingga 4 kali tergantung banyak kegiatan, dengan biaya untuk paspor biasa sebesar Rp 350 ribu dan paspor elektronik Rp 650 Ribu per orang,” ungkap kepala Imigrasi Pekanbaru.***

Penulis: Ady, Editor: Alseptri Ady



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+