Dapat Hadiah, Ini SMA Siak yang Keluar Sebagai Juara LCTP 2024

Selasa, 27 Agustus 2024 - 17:00:30 WIB Cetak

Sekda Arfan Usman, menyerahkan piala kepada para juara LCTP tingkat Kabupaten Siak 2024

Betuah Siak- Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman, mengapresiasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalan Kerinci dalam meningkatkan literasi perpajakan di kalangan pelajar.

Untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya sektor pajak di kalangan pelajar, menggelar lomba Cepat Tepat Perpajakan (LCTP) Tahun 2024, yang secara rutin digelar bagi pelajar siswa SMA sederajat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kantor KPP Pratama Pangkalan Kerinci ini, kegiatan bagus, sangat bermanfaat bagi generasi muda kita, terutama bagi siswa-siswa SMA sederajat di Kabupaten Siak,” kata Arfan saat menyerahkan hadiah lomba (LCTP) di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Komplek Perkantoran Bupati Siak, Selasa (27/8/2024).

Arfan berharap, melalui kegiatan ini, pengetahuan yang mereka peroleh akan menjadi bekal berharga ketika melanjutkan pendidikan tinggi dan ketika terjun ke dunia usaha serta kehidupan masyarakat.

Ia, juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat, termasuk kepala sekolah dan guru yang telah membimbing siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala sekolah dan guru yang telah berperan aktif dalam mempersiapkan siswa-siswi kita," kata dia.

Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Siak itu juga menekankan pentingnya kesadaran akan peran pajak dalam pembangunan.

"Besarnya peran pajak dalam pembiayaan pembangunan daerah dan negara tidak dapat kita pungkiri, termasuk dalam hal pembangunan dunia pendidikan di Kabupaten Siak,” sebutnya.

Pajak juga berkontribusi besar dalam berbagai program seperti dana BOS, pengembangan SDM, riset, beasiswa, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, Arfan mengungkapkan bahwa meskipun Kabupaten Siak telah meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan sebanyak 13 kali, masih ada beberapa rekomendasi dari BPK Provinsi Riau, terutama terkait optimalisasi pemungutan pajak sarang burung walet yang belum maksimal.

"Ini adalah pekerjaan rumah bagi kita semua untuk meningkatkan pemungutan pajak dan retribusi, termasuk pajak sarang burung walet," tegasnya.

Kepala KPP Pratama Pangkalan Kerinci, Nugroho Nur Cahyono, mengatakan, asal mula kegiatan LCTP dan mengapresiasi antusiasme pelajar Siak dalam berkompetisi.

"Siak ini unik dan luar biasa, antusiasme para pelajar untuk berkompetisi sangat tinggi. Saya berharap tahun ini Siak bisa mempertahankan tradisi sebagai juara di tingkat provinsi," ucapnya.

Lomba Cepat Tepat Perpajakan Tahun 2024 ini diikuti oleh 68 sekolah setingkat SMA di Kabupaten Siak, mencatatkan rekor sebagai jumlah peserta terbanyak di Provinsi Riau.

Juara pertama diraih oleh SMA Negeri 1 Tualang, juara kedua oleh SMA Negeri 1 Bungaraya, dan juara ketiga oleh SMK Negeri 1 Kandis. Selain itu, berbagai lomba hiburan seperti lomba reels Instagram, baca puisi, vokal solo dan video semarak LCTP juga memeriahkan acara ini.

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang, dengan harapan bahwa prestasi yang telah diraih dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi di masa mendatang.***



Baca Juga Topik #Siak+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+