Puluhan SD dan SMP Negeri di Pekanbaru tak Miliki Kepala Sekolah Definitif

Kamis, 12 September 2024 - 16:04:57 WIB Cetak

Betuah Pekanbaru - Lebih dari 50 sekolah negeri tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pekanbaru, ternyata tidak dipimpin oleh kepala sekolah (kepsek) definitif.

Saat ini, puluhan sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru tersebut masih dipimpin pelaksana tugas (Plt).

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, mengaku sudah mendapat laporan dari Disdik terkait banyaknya sekolah yang belum memiliki kepsek definitif.

Kekosongan jabatan kepala sekolah ini disebabkan kepsek sebelumnya sudah purna tugas atau pensiun.

Untuk megisi kekosongan jabatan kepsek itu, Risndar mengaku telah memerintahkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) melakukan gajian.

"Sekarang tim Baperjakat sedang menggodok (menyusun) untuk persiapan menyiapkan pelantikan, dan itu berproses hari ini," ucapnya, Kamis (12/9/2024).

Diagendakan, terang Risnandar, pelantikan puluhan kepsek definitif nanti dilakukan bersamaan dengan pelantikan pejabat eselon yang juga untuk mengisi kesongan jabatan.

"Ada lurah yang kosong, kemudian kepala sekolah juga banyak kosong, kepala OPD juga banyak kosong," ujarnya.

Jelang pelantikan, Risnandar kembali menegaskan jika pelantikan yang telah dan akan dilakukan terhadap pejabat Pemko Pekanbaru tak ada hubungannya dengan politik.

"Pelantikan itu untuk memperbaiki sistem birokrasi yang sudah baik, kita tingkatkan lebih baik lagi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, sebagian besar sekolah yang dipimpin Plt kepsek banyak di tingkat SD.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+