Alfedri-Husni Punya 3 Program Beasiswa di Perguruan Tinggi, Penerimanya Tembus 15.822 Orang

Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:36:59 WIB Cetak

Calon Bupati Petahana Kabupaten Siak, Alfedri, saat kampanye di dialogis Kwalian Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak.

Betuah Siak - Pasangan petahana nomor urut 3 Alfedri-Husni Merza, menyiapkan 3 program beasiswa untuk anak Kabupaten Siak di perguruan tinggi saat menjabat Bupati dan Wakil Bupati Siak.

“Yang pertama, program beasiswa berprestasi. Anak Siak yang kuliah di perguruan tinggi baik kuliah di Siak maupun kuliah di luar Siak, bisa mengajukan program beasiswa ini,” kata Ketua Relawan Sahabat Alfedri-Husni (SAH) Kabupaten Siak Zulfi Mursal, saat kampanye dialogis pasangan calon nomor 3 Alfedri-Husni, di Kwalian Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak, Senin (21/10/2024) malam.

Zulfi mengatakan, syarat untuk program beasiswa berprestasi ini adalah IPK 2,7 jurusan IPA dan IPK 3,0 untuk IPS.

“Selama 3,3 tahun Alfedri-Husni memimpin Siak, sebelum cuti kampanye kemarin sudah 15 ribu anak Siak yang mendapat beasiswa ini,” kata Zulfi.

Mantan ketua DPRD Siak itu mengatakan, program beasiswa kedua yang diberikan Alfedri-Husni adalah beasiswa khusus untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

“Beasiswa khusus untuk PKH ini, satu-satunya yang ada di Riau ada di Kabupaten Siak, beasiswa unggulan untuk anak PKH. Anak keluarga kurang mampu yang terdaftar di PKH akan dikuliahkan secara gratis oleh pemerintah daerah,” terang Zulfi.

Zulfi menjelaskan, sebanyak 663 anak PKH telah diberikan beasiswa dari program yang digagas Alfedri-Husni ini.

“Anak-anak PKH yang punya keinginan untuk kuliah, namun keterbatasan biaya keluarga. Maka dari itu, Alfedri-Husni ingin mengangkat derajat keluarga PKH, dengan memberikan beasiswa satu keluarga satu sarjana,” kata Zulfi.

Alfedri-Husni ingin, ketika telah menyelesaikan kuliah dan lanjut kerja, anak tersebut bisa mengangkat derajat keluarga dan bisa membantu ekonomi keluarga.

Zulfi mengatakan, saat ini anak-anak PKH yang dikuliahkan tersebar di beberapa perguruan tinggi, yang telah bekerjasama.

“Kemudian, program beasiswa ketiga adalah beasiswa khusus, tahfidz quran atau anak penghafal alquran 15 juz. Anak penghafal alquran ini akan dikuliahkan ke kampus Tazkiah Bogor dan Institut Ilmu Quran (IIQ),” kata Zulfi.

Penerima beasiswa khusus ini akan diasramakan di tempat mereka kuliah, dan tetap melanjutkan hafalan alqurannya.

“Sudah 159 anak Siak telah menerima beasiswa ini. Dan Alhamdulillah, ada yang sudah tamat, mereka saat ini ada yang mengasuh pondok pesantren, ada yang jadi guru agama dan lainnya,” ujar Zulfi.

Zulfi mengatakan, Alfedri-Husni ingin anak-anak Siak mempunyai pendidikan yang layak.<

“Alfedri-Husni sudah jauh-jauh hari menyiapkan generasi emas. Alfedri-Husni peduli dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Siak ini,” akui Zulfi.

Zulfi mengatakan, jika terpilih kembali menjadi bupati dan wakil bupati Siak, Alfedri-Husni akan melanjutkan program beasiswa untuk di perguruan tinggi tersebut.***



Baca Juga Topik #Siak+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+