Dishub Pekanbaru akan Gandeng Ojek dan Angkot Operasikan Feeder

Kamis, 31 Oktober 2019 - 17:36:59 WIB Cetak

Pot Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, berencana untuk menggandeng pengusaha angkutan kota (angkot) dan ojek tempatan dalam mengoperasikan feeder atau angkutan pengumpan.

Nantinya, feeder akan beroperasi mengangkut penumpang dari halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) hingga ke pemukiman atau dari pemukiman warga menuju halte.

"Kita bisa saja berkolaborasi dengan pengusaha angkutan seperti oplet (angkot) atau ojek tempatan. Kita yang rekrut mereka sebagai supir, atau mereka yang punya saham. Itu bisa saja untuk pengaplikasian feeder nanti," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Rabu (31/10/2019).

Dengan keberadaan feeder nanti, sebut dia, diharapkan mampu membantu pengusaha angkot dan ojek tempatan untuk mencari penumpang mengingat sejauh ini angkutan kota dikelola secara langsung oleh pemerintah kota melalui perusahaan daerah.

"Angkutan feeder ini, penumpang hanya butuh satu tiket perjalanan untuk sampai ke tujuan. Hal ini kita nilai dapat menghambat usaha pengusaha angkutan, makanya kita berencana melibatkan mereka," ujar mantan Camat Rumbai Pesisir ini. 

Menurut Yuliarso, pelibatan pengusaha angkot dan ojek tempatan dalam pengoperasian feeder sejalan dengan program Walikota Pekanbaru untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera tanpa mematikan usaha angkutan lain.

"Untuk itu kita berdayakan masyarakat tempatan, terutama yang berusaha di bidang angkutan ini agar tetap hidup," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Yuliarso, hingga kini pengoperasian feeder masih dalam tahap kajian. Pihaknya tengah mencari referensi dari kota lain yang telah menerapkan angkutan feeder.

"Tentunya kita berharap dengan adanya angkutan feeder ini, agar masyarakat lebih memilih angkutan umum sebagai moda transportasi mereka dengan pelayanan maksimal yang kita berikan," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+