Ngemis dan Jual Tisu, 16 Anak Diamankan di Sejumlah Titik Lampu Merah

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:27:17 WIB Cetak

Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Khairani (baju hitam), tengah memberikan arahan kepada sejumlah anak yang terjaring razia.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Sosial Pekanbaru dan Polda Riau, mengamankan sebanyak 16 anak-anak saat razia gelandangan dan pengemis (gepeng) di sejumlah titik lampu merah, Kamis (5/12/2019) sore.

Saat diamankan petugas, belasan anak-anak itu ada yang didapati tengah mengemis dan adapula yang menjual tisu kepada pengendara yang berhenti di lampu merah.

Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Khairani usai razia mengatakan, selain anak-anak, dalam razia tersebut turut diamankan juga sebanyak 14 laki-laki dan 6 wanita dewasa yang terdiri dari pengemis, anak punk dan pedagang asongan, serta satu orang penderita gangguang jiwa.

"Total terdapat sebanyak 36 orang yang diamankan dalam razia yang hanya berlangsung sekitar setengah jam," ungkap dia.

Disampaikan mantan Camat Tampan ini, razia yang digelar itu merupakan tindak lanjut dari hasil rapat bersama sejumlah OPD, Polda Riau dan Polresta Pekanbaru. 

"Dalam rapat tersebut turut disampaikan sudah banyak laporan warga yang mengeluhkan keberadaan gepeng menjamur terutama dari anak-anak di lampu merah, makanya kita lakukan razia gabungan," sebut Khairani.

Mereka yang diamankan langsung digelandang ke kantor Satpol PP Kota Pekanbaru untuk keperluan pendataan.

"Sekarang kita data dulu berikut mengklasifikasikannnya apakah aktivitas yang dijalankan murni karena keinginan anak-anak dan tuntutan ekonomi atau mereka memang dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab. Nanti baru kita arahkan ke selter (penampungan). Di sana nanti akan kita bedah lagi sesuai klasifikasi anaknya dan di assesmet," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono melalui Kepala Bidang Operasi dan Ketertiban Masyarakat Desheriyanto mengatakan, puluhan gepeng itu diamankan di kawasan simpang 4 lampu merah Tugu Zapin, simpang 3 lampu merah Gajah Mada, T Tambusai, simpang 4 lampu merah Mal SKA, simpang 4 lampu merah Tabek Gadang dan simpang 3 lampu merah Bandara Sultan Syarif Kasim II.

"Kita turunkan dua pleton personel dalam razia ini," ungkapnya.

Saat razia berlangsung, sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dan gepeng yang mencoba melarikan diri. Termasuk salah seorang pria yang pura-pura buta.

"Tadi ada yang coba lari, tapi bisa diamankan. Dari hasil tangkapan, memang yang terbanyak dari anak-anak dengan aktivitas bervariasi," ucap dia. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+