Persija Dikalahkan Persebaya, Bambang Pamungkas Pensiun dari Sepak Bola

Rabu, 18 Desember 2019 - 00:39:15 WIB Cetak

Bambang Pamungkas saat mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola, di Standion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/12/2019) malam. (Foto Facebook @Anies Baswedan)

BETUAH.COM, JAKARTA - Legenda sepakbola tanah air, Bambang Pamungkas atau yang akrab disapa Bepe, mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola usai memperkuat Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya pada laga kompetisi Liga I di Standion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/12/2019) malam.

Dalam laga lanjutan Liga I Indonesia tahun 2019 itu, Persija Jakarta harus mengakui keunggulan Persebaya Surabaya setelah ditaklukan dengan skor akhir 2-1.

Di hadapan pendukungnya di Stadion Gelora Bung Karno, Bepe mengaku berat meninggalkan dunia sepak bola setelah 20 tahuh lamanya berkarir di lapangan hijau.

"Tapi orang bijak berkata, laki-laki sejati tidak menangis, tetapi hatinya berdarah. Malam ini, izinkan saya menjadi seorang laki-laki sejati yang hatinya berdarah," ujar pria berusia 39 tahun tersebut.

Di kesempatan itu, Bepe menyampaikan ucapan terima kasih kepada Persija Jakarta, The Jakmania dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang telah memberikan support kepadanya selama membela Persija sejak 1999 silam.

"Saya pernah merasakan menjadi pemain terbaik, top scorer dan juara di sini. Namun demikian, saya juga pernah patah kaki di sini, depresi di sini dan dianggap pengkhianat di sini. Dalam segala kondisi saya alami, kalian semua tetap berada di belakang saya," ucapnya.

Sepanjang kariernya, Bepe sudah mencetak 200 gol untuk Persija Jakarta. Bersama Timnas Indonesia, dia masuk jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 36 gol.

Dia juga pernah merumput di Malaysia untuk klub Selangor FA dan sempat mengantarkan timnya meraih tiga gelar juara yakni Malaysia Premier League (tingkat kedua liga Malaysia), Piala Malaysia dan Piala FA Malaysia pada 2005.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada Bepe yang telah membela Persija Jakrta.

"Malam ini, Bambang Pamungkas mengakhiri perannya di lapangan hijau. Tetapi legendanya tidak akan pernah berhenti di dalam sejarah Persija. 20 tahun Bambang Pamungkas menjadi legenda lapangan hijau. Dia menjadi inspirasi bagi anak-anak kita. Dia tak hanya menjadi idola Jakarta saja, tetapi juga menjadi idola di Indonesia," tegas Anies.

"Jakarta bangga, Persija bangga, Jakmania bangga, kita semua bangga. Terima kasih Bambang Pamungkas," ulasnya. ***



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+