Kacamata Gerhana Raksasa di Siak Pecahkan Rekor Muri

Jumat, 27 Desember 2019 - 00:09:20 WIB Cetak

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution bersama Bupati Siak Alfedri dan ribuan orang, tengah bersiap menyaksikan Gerhana Matahari Cincin dari Kampung Bunsur, Kamis (26/12/2019) siang.

BETUAH.COM, SIAK - Kabupaten Siak, Provinsi Riau, memecahkan rekor Muri kacamata Gerhana Matahari Cincin terbesar di Indonesia bahkan Asia yang berukuran sepanjang 14 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter.

"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada LAPAN dalam pengamatan GMC (Gerhana Matahari Cincin) di Bungsur ini mengunakan kacamata berukuran besar. Ini memecahkan rekor MURI Indonesia, sebagai kacamata terbesar se Indonesia bahkan Asia," ujar Bupati Siak Alfedri, Kamis (26/12/2019).

Gerhana Matahari Cincin berbentuk bulan sabit yang terlihat dari langit Kota Pekanbaru pada Kamis (26/12/2019) siang. 

Rangkaian GMC 2019 di Siak diawali dengan Shalat Gerhana, dilanjut dengan pantauan GMC, serta penampilan artis ibu kota Nissa Sabyan. Tercatat sekitar 10 ribu orang yang menyaksikan fenomena GMC tersebut dari Kampung Bunsur, Siak.

"Sebagai umat yang beriman, dengan pristiwa ini sarana bagi kita untuk bertafakkur atas betapa Maha Kuasanya Allah SWT yang menunjukan apa yang telah terjadi di langit dan bisa dilihat dari Kabupaten Siak," ucapnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pengunjung baik lokal maupun luar negeri yang datang ke kabupaten Siak," ulasnya.

Disampaikan Alfedri, Gerhana Matahari Cincin merupakan fenomena alam langka yang terjadi antara 100 sampai dengan 300 tahun sekali.

Untuk mendukung kegiatan ini, pemkab Siak bekerjasama dengan semua pihak, melakukan sosialisasi tentang ilmu astronomi. Selanjutnya panitia mengadakan lomba fotogragi, karya tulis yang berkaitan dengan momen GMC.

"Kami mengharapkan, momen GMC selain dapat memperkenalkan Siak di mata dunia, juga memperkenalkan daerah ini ke masyarakat luas," harap dia. 

Dielaskannya, momen GMC 2019 juga di dukung penuh oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dengan menampilkan stan Pameran, Planetarium, serta kacamatan untuk melihat gerhana matahari berukuran besar.

"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada LAPAN," tutupnya.

Hadir pada acara itu Wakil Gunernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Siak Azmi, Sekda Siak TS Hamzah, Kepala LAPAN Tomas Nazaruddin, anggota DPD RI Jon Erizal, Sekjen Jaringan Kota Pusaka Inonesia, Ketua TPKK Provinsi Riau Hj Misnarni, serta Kepala SKK Migas Sumbagut. (rki)



Baca Juga Topik #Siak+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+