Pekanbaru Bentuk RPM Jaga Pasokan Pangan

Senin, 30 Desember 2019 - 23:54:39 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, menandatangani prasasti pada peresmian RPM di Pasar Lima Puluh, Senin (30/12/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kini sudah memiliki Rumah Pangan Madani (RPM) yang berfungsi menjaga pasokan kebutuhan pokok atau pangan bagi warga Kota Bertuah.

Keberadaan RPM yang dipusatkan di Pasar Lima Puluh, Jalan Sultan Syarif Kasim ini diresmikan secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (30/12/2019).

RPM yang menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok seperti beras, telur, mie instan, saos, daging hingga tepung ini merupakan unit usaha PT Sarana Pangan Madani (SPM) selaku BUMD Pangan milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"RPM ini bertujuan mempermudah akses komoditi pangan bagi masyarakat," ungkap Firdaus. 

Meski baru beroperasi, terang Firdaus, namun saat ini RPM sudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak. Hal ini merupakan upaya memperkuat jaringan distribusi bahan pangan.

Apalagi RPM juga menyebar di kecamatan hingga kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru. Masyarakat pun makin mudah memperoleh akses bahan pangan dengan harga terjangkau.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani mengapresiasi kehadiran RPM di Kota Pekanbaru. Legislator mendukung upaya pemerintah kota dalam menyediakan pasokan pangan dengan harga terjangkau.

"Peran BUMD pangan sudah semestinya berupaya menjaga ketahanan pangan di kota," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Sarana Pangan Madani Adi Putra Daulay menyebut bahwa keberadaan rumah pangan itu adalah wujud kehadiran BUMD di bidang pangan. BUMD ini hadir sejak Oktober 2018 silam.

Ada waktu satu tahun untuk mendirikan rumah pangan ini. Padahal penyertaan modal awal BUMD ini hanya Rp 200 juta. 

Namun omzet yang sudah diperoleh saat ini mencapai miliaran rupiah. Kondisi ini membuat BUMD siap bekerjasama dengan RPM di kelurahan dan mitra lainnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+