Pekanbaru Masih Bebas dari Penyebaran Virus Corona

Senin, 10 Februari 2020 - 21:37:36 WIB Cetak

Foto ilustrasi corona virus/net

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan, hingga kini belum ada ditemukan pasien atau penderita virus coronan di ibukota Provinsi Riau.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maisel Fidayesi menyebut, informasi yang sebelumnya beredar tentang adanya pasien corona di salah satu rumah sakit merupakan kabar bohong atau hoaks.

"Sampai sekarang belum ada kasus. Berita yang bilang ada warga yang dirawat di Eka Hospital yang terpapar corona, itu hoaks," tegasnya, Senin (10/2/2020).

Meski belum ada kasus, kata dia, namun Dinas Kesehatan terus melakukan berbagai upaya antisipasi bersama pihak terkait agar wabah mematikan dari Wuhan, China itu tidak masuk ke Kota Bertuah.

"Melalui puskesmas, kita juga aktif memberikan himbauan agar warga tetap waspada dan tidak panik," ujarnya.

Di samping itu, warga juga diajak menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Seperti mencuci tangan sebelum makan dan sehabis buang air besar, serta menghindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.

"Dikala tubuh kita fit, virus itu akan kalah dengan sendirinya. Kita sakit, daya tahan tubuh menurun, disaat itu virus dengan cepat menggerogoti organ tubuh. Untuk itu, pola hidup sehat sangat dibutuhkan untuk mencegah virus," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Maisel, terdapat berbagai gelajal yang ditimbulkan oleh virus corona. Di antaranya demam, batuk kering, lemas, dan sesak nafas.

"Virus itu dapat menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Namun, lebih sering menyerang anak-anak dan lansia. Kalau ada gejala-gejala seperti itu, cepat periksakan ke puskesmas setempat," pintanya. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+