Berlangsung April, UN SMP di Pekanbaru akan Diikuti 17.651 Pelajar

Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:05:19 WIB Cetak

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal

Betuah Pekanbaru - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat se-Kota Pekanbaru, dijadwalkan berlangsung pada April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, untuk UNBK akan diikuti sebanyak 16.960 pelajar dari 45 SMP Negeri, 68 SMP swasta, 3 MTs Negeri dan 28 MTs swasta.

"Sementara UNKP diikuti sebanyak 24 sekolah dengan jumlah peserta didik 691 orang," ungkapnya, Sabtu (22/2/2020).

"Secara keseluruhan terdapat sebanyak 17.651 pelajar SMP sederajat yang akan mengikuti pelaksanaan UN sistem UNBK dan UNKP pada tahun ini," ulas dia.

Untuk persiapan UN sendiri, disampaikan Jamal sudah tidak ada kendala. Ia mengaku sudah meninjau secara langsung peralatan dan lokasi pelaksanaan UNBK ataupun UNKP di tiap sekolah.

"Sekarang kita tinggal tryout. Kita berharap tahun ini sukses. Tahun lalu sistem UNBK, SMP Negeri baru 25 persen. Tahun ini sudah 100 persen," sebut dia.

Selain UNBK dan UNKP, lanjut Jamal, tahun ini pihaknya juga akan melaksanakan ujian kesetaraan mulai dari paket A (ijazah SD), paket B (ijazah SMP) dan paket C (ijazah SMA).

Tercatat sebanyak 2.000 peserta yang belum menamatkan sekolah tingkat SD hingga SMA yang akan mengikuti ujian kesetaraan menggunakan sistem UNBK. "Yang terbanyak di tingkat paket B atau untuk tingkat SMP," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+