Dinsos Pekanbaru Ingatkan Warga tak Santuni Gepeng di Lampu Merah

Ahad, 23 Februari 2020 - 18:10:24 WIB Cetak

Kepala Dinsoskam Pekanbaru Chairani

Betuah Pekanbaru - Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsoskam) Kota Pekanbaru, mengingatkan kepada warga untuk tidak memberikan sumbangan dalam bentuk apapun kepada gelandangan dan pengemis (gepeng) yang kerap mangkal di perempatan lampu merah.

Menurut Kepala Dinsoskam Pekanbaru Chairani, santunan yang diberi akan semakin menambah sumbur keberadaan gepeng baik di lampu merah maupun pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota Bertuah.

"Untuk itu, perlu peran aktif semua pihak agar tidak lagi memberi sumbangan di jalanan," pintanya, Minggu (23/2/2020).

"Kalau mental mereka (gepeng) tidak mau berubah dan masyarakat juga memberi dijalan, tentu mainsetnya enak di jalan. Tidak kerja saja dapat duitnya cepat," ulas mantan Camat Tampan ini.

Sejauh ini disampaikan Chairani, pihaknya telah memberi berbagai pelatihan kepada gepeng yang berhasil dijaring dalam penertiban gabungan maupun yang dilakukan Satpol PP Pekanbaru.

"Setiap tahun kita buat (pelatihan), tapi tidak bisa banyak. Pertama karena keterbatasan anggaran, kedua ini memang betul-betul kita pilih (yang diberi pelatihan)," ucapnya.

"Kalau memang mereka mau berniat dari hati, itu yang kita latih. Karena kalau langsung diamankan dan diberikan pelatihan, tanpa ditanya selera mereka bagaimana, itu tidak bisa juga. Makanya siapa yang betul-betul mau dan siapa yang berniat merubah nasib, itu yang kita berikan pelatihan," sambung dia.

Mengatasi persoalan gepeng, dikatakan Chairani, butuh peran serta semua pihak. "Jadi tidak bisa dibebankan kepada pemerintah saja. Karena kalau mereka terus mendapat sumbangan di jalanan, maka akan sulit untuk ditertibkan," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+