Kapal Banawa Nusantara Dipindahkan untuk Layani Wisatawan di PLTA

Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:54:58 WIB Cetak

Proses evakuasi Banawa Nusantara 58 dari Jembatan Water Front City Bangkinang menuju ke waduk PLTA Koto Panjang, Jumat (28/2/2020).

Betuah Kampar - Satu unit kapal Banawa Nusantara 58 yang sebelumnya diwacanakan sebagai transportasi wisata air di Sungai Kampar, kini dipindahkan ke waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang.

Banawa Nusantara 58 yang merupakan kapal hibah dari Kementerian Perhubungan itu dievakuasi menggunakan mobil dari areal Bangkinang Riverside kawasan Jembatan Water Front City Bangkinang menuju ke waduk PLTA Koto Panjang, Jumat (28/2/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar Mahadi menyebut, pemindahan kapal Banawa Nusantara 58 ke PLTA Koto Panjang sesuai instruksi dari Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Nantinya, kata Mahadi, Banawa Nusantara 58 akan dimanfaatkan sebagai transportasi air guna melayani wisatawan yang berkunjung ke PLTA Koto Panjang.

"Evakuasi kapal ini telah dialkukan persiapan selama 2 hari. Insyaallah akan tiba di PLTA koto panjang pada Jumat malam dengan menggunakan mobil Terado dengan 2 unit kran," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar Zulia Dharma menyatakan, untuk jadwal operasional Banawa Nusantara 58 di PLTA Koto Panjang akan dibahas terlebih dahulu.

"Untuk sementara di bawa ke PLTA dulu. Untuk operasional dibicarakan nanti," ucapnya.

Dengan kehadiran Banawa Nusantara 58 di PLTA Koto Panjang, diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisata ke Kabupaten Kampar. 

"Serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya yang akan menjadi rute atau persinggahan wisata Banawa Nusantara," harap dia. (rls/abd)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+