Tambah 17 Kasus, Pasien Positif Corona di Tanah Air Capai 134 Orang

Senin, 16 Maret 2020 - 20:49:06 WIB Cetak

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta. (ANTARA FOTO)

Betuah Jakarta - Pemerintah kembali mengumumkan penambahan sebanyak 17 kasus positif virus corona atau Covid-19. Dengan demikian, hingga Senin (16/3/2020) sudah tercatat sebanyak 134 orang yang terinfeksi oleh wabah dari Wuhan, China tersebut.

Penambahan 17 kasus baru itu diumumkan juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto yang juga menjabat sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Sebelumnya pada Minggu (15/3/2020), pemerintah telah mengumumkan jumlah warga yang positif Covid-19 berjumlah 117 orang.

Dikatakan Yurianto, penambahan jumlah pasien akan semakin banyak karena pelacakan atau tracing terhadap mereka yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif terinfeksi virus SARS CoV-19 semakin luas.

Menurut dia, kasus yang diumumkan sebelumnya diperoleh dari hasil penelusuran terhadap pasien sebelumnya. Spesimen yang positif didominasi dari Jakarta sebanyak 19 kasus, sedangkan dua lainnya dari Jawa Tengah.

Ia juga mengatakan pemerintah daerah juga bisa mengambil kebijakan melakukan penelusuran atau pelacakan lebih jauh mereka yang diduga pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19. 

Di samping itu, kepala daerah juga bisa mengumumkan pada masyarakat terkait informasi kasus virus corona dengan tetap merahasiakan identitas pasien.

Tiga Pasien Sembuh

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan tiga pasien positif Covid-19 yang disebut sebagai kasus 1, kasus 2 dan kasus 3 dan dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso telah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Terawan juga memberikan ramuan jamu khusus kepada ketiganya, yang disebutkan sebagai oleh-oleh dari Presiden Joko Widodo. 

Jamu yang disebutkan berkhasiat menjaga daya tahan tubuh serta imunitas itu ditempatkan dalam termos kecil.

Untuk tiga pasien positif yang dinyatakan sembuh itu, ditambahkan Yurianto, sangat kooperatif selama masa perawatan sehingga dalam waktu yang dapat diprediksikan kondisi ketiganya membaik.

Ia juga mengatakan agar masyarakat tidak perlu panik dengan virus corona tipe baru tersebut karena terbukti bisa disembuhkan, hanya saja membutuhkan waktu untuk proses penyembuhannya.

Menurut dia, ketiga pasien tersebut telah dinyatakan sembuh setelah melakukan pemeriksaan sebanyak dua kali secara berturut-turut. Demikian seperti dikutip dari Antara. (red)



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+