Bertambah 8, Positif Covid-19 di Riau Melonjak jadi 53 Kasus

Ahad, 03 Mei 2020 - 21:14:11 WIB Cetak

Gubri Syamsuar saat mengumumkan penambahan 8 kasus konfirmasi positif Covid-19, di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, Minggu (3/5/2020) sore.

Betuah Pekanbaru - Kasus konfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi Riau, Minggu (3/5/2020) bertambah sebanyak 8 orang sehingga melonjak menjadi 53 kasus.

Penambahan 8 kasus positif Covid-19 ini diumumkan secara langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, Minggu (3/5/2020) sore.

"Sejak terdeteksi, kasus positif hari ini paling banyak totalnya,'' ungkap Gubri.

Disampaikan Gubri, delapan tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 ini tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Riau, di antaranya:

Pertama atau kasus positif ke-46 yakni IS, usia 71 tahun, warga Kota Dumai. IS merupakan kontak erat dari salah satu orang yang hadir di Pertemuan Nakes Teladan. 

"IS ini kontak erat dengan orang yang hadir di pertemuan Nakes Teladan Dumai. Namun yang hadir dalam pertemuan tersebut justru negatif," ujar dia.

Kedua atau positif ke-47, S, yang juga warga Kota Dumai. Pasien SS juga kontak erat dari orang yang hadir dalam pertemuan Klaster Nakes Teladan Dumai.

Ketiga atau kasus ke-48, B, usia 27 tahun, warga Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). B memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada tanggal 18 April 2020 dan termasuk dalam klaster Pesantren Magetan Jatim.

Keempat atau kasus ke-49, S, usia 17 tahun, warga Kabupaten Inhil yang juga memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada tanggal 12 April 2020 dan termasuk dalam klaster Pesantren Magetan Jatim.

Kelima atau kasus ke-50, A, usia 26 tahun, yang juga warga Kabupaten Inhil.  Pasien saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Inhil. 

"Dari hasil tracing, pasien A ini diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada tanggal 18 April 2020 dan juga termasuk dalam klaster Pesantren Magetan Jatim," terang Gubri.

Keenam atau kasus ke-51, YG, usia 23 tahun, warga Kabupaten Bengkalis. Pasien saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Bengkalis. YG memiliki riwayat perjalanan dari Magetan dan termasuk dalam klaster Pesantren Magetan Jatim.

Ketujuh atau kasus ke-52 yakni AS, usia 54 tahun, warga Kabupaten Indragiri Hulu. AS merupakan kasus positif perdana di Kabupaten Inhu.

"Pasien AS ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terjangkit. Maka, kami himbau warga Indragiri Hulu harus sadar dan meningkatkan kewaspadaannya mengingat ini kasus positif pertama dan tidak diketahui darimana sumber penularannya,'' pesan Gubri.

Kedelapan atau kasus ke-53 yakni DS, usia 86 tahun, warga Kota Pekanbaru. Pasien DS merupakan hasil tracing dari kontak erat pasien positif covid-19 HMS (43).

Dari 53 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Riau, lanjut Gubri, sebanyak 22 di antaranya masih dirawat di sejumlah rumah sakit, 26 sehat dan 7 di antaranya sudah pulang, serta 5 lainnya meninggal dunia.

"Untuk kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia, kami dari pihak Pemerintah Provinsi Riau turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu sabar dan berdoa," tutup Gubri. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+