Terbagi 3 Kelompok, Penerima Bansos yang Masuk DTKS Capai 35.998 KK

Ahad, 10 Mei 2020 - 20:31:26 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Penerima bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kota Pekanbaru yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mencapai 35.998 kepala keluarga (KK).

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, puluhan ribu KK penerima bansos tersebut terbagi dalam 3 kelompok di antaranya masyarakat miskin, hampir miskin dan rentan miskin. Ketiga kelompok ini menerima bantuan dari Kemensos setiap tanggal 10.

"Data ini (penerima bansos) sudah kita kirim kepada seluruh camat dan lurah," ungkap walikota, Minggu (10/5/2020).

Untuk masyarakat miskin yang masuk DTKS, sebut walikota, jumlahnya mencapai 12.866 KK. Kelompok ini kehidupannya di bawah garis kemiskinan.

"Mereka mendapat bantuan dari Kemensos yang dinamakan Program Keluarga Harapan (PKH). Mereka juga mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," terang dia.

Kemudian kelompok kedua yang disebut sebagai masyarakat hampir miskin atau perekonomiannya sudah di atas garis kemiskinan sebanyak 4.195 KK.

"Kelompok kedua ini hanya mendapatkan BPNT," papar walikota.

Selanjutnya kelompok ketiga yakni masyarakat rentan miskin dengan jumlah 16.982 KK. Kelompok yang secara ekonomi ikut terdampak wabah virus corona ini mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per KK per bulan selama 3 bulan.

"Uang bantuan untuk kelompok masyarakat miskin ditransfer ke rekening mereka masing-masing setiap tanggal 10. Kami hanya bisa memonitor," ucap walikota.

Untuk diketahui, ketiga kelompok masyarakat yang masuk DTKS hanya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kemensos.

Sementara untuk warga terdampak Covid-19 yang tidak masuk DTKS, mereka mendapat bantuan sembilan bahan pokok (sembako) yang didanai melalui APBD Kota Pekanbaru tahun 2020.

Warga yang mendapat bantuan sembako ini jumlahnya mencapai 45.625 KK. Sebanyak 15.625 KK sudah mendapat bantuan sembako pada penerapan PSBB tahap satu. Untuk bantuan beras tahap satu bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan lauk pauk ditanggung melalui APBD Pekanbaru.

Sementara 30 ribu KK lainnya diberi bantuan pada penerapan PSBB tahap dua. Saat ini, bantuan sembako tersebut masih tahap penyaluran. Anggaran sembako pada bantuan tahap dua ini secara keseluruhan dibiayai APBD Kota Pekanbaru. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+