Tahap Dua Berakhir Besok, Pekanbaru Bersiap untuk PSBB Tahap Tiga

Rabu, 13 Mei 2020 - 17:12:11 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus didamping Wawako Ayat Cahyadi, saat memimpin rapat evaluasi PSBB tahap kedua di ruang Multimedia lantai 3 komplek Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (13/5/2020).

Betuah Pekanbaru - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua untuk memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Kota Pekanbaru, sesuai jadwal akan berakhir besok, 14 Mei 2020.

Dengan berakhirnya penerapan PSBB tahap dua ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melanjutkan kembali dengan PSBB tahap tiga hingga 14 hari ke depan.

"Bukan rencana lagi, tapi wajib. PSBB tahap kedua akan berakhir besok, maka otomatis kami akan menetapkan perpanjangan untuk PSBB Pekanbaru tahap ketiga," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, usai rapat evaluasi PSBB tahap kedua di ruang Multimedia lantai 3 komplek Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (13/5/2020).

Menurut walikota, penerapan PSBB baik tahap satu maupun dua sudah berjalan dengan baik. Dari segi kasus, disampaikannya juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Dari evaluasi yang kita lakukan, pada PSBB tahap pertama, ada 183 kasus pasien dalam pengawasan dan positif covid. Sementara di PSBB tahap kedua, ada 112 kasus PDP dan positif covid," ungkapnya.

Untuk terus menekan sebaran kasus Covid-19, maka pemerintah kota akan melanjutkan dengan PSBB tahap tiga. Hanya saja untuk pelaksanaannya mengacu pada PSBB Provinsi Riau yang sudah mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan.

"Jadi nanti tergantung arahan gubernur. Namun tetap ruas jalan protokol kita awasi lagi secara ketat untuk membatasi aktivitas masyarakat," ucap walikota.

Untuk PSBB tingkat Provinsi Riau sendiri akan diterapkan di sejumlah kabupaten/kota di antaranya di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+