Pasca PSBB, Walikota Pekanbaru Persilahkan Masjid Kembali Dibuka

Jumat, 29 Mei 2020 - 13:41:17 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, mempersilahkan masjid dan rumah-rumah ibadah kembali dibuka setelah sempat ditutup sementara selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya mengantisipasi penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Kebijakan kembali membuka rumah ibadah ini diambil walikota, usai menerima silaturrahmi pimpinan dari Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Pekanbaru, Kakan Kemenag Pekanbaru, Ketua FKUB serta pimpinan lembaga dakwah seperti MDI, IKMI, IKADI, Ittahadul Muballighin dan tokoh agama lainnya, Kamis (28/5/2020) malam di rumah dinas walikota setempat.

Meski kembali dibuka, namun walikota tetap menginginkan adanya penerapan protokol kesehatan di rumah-rumah ibadah. Artinya, aktivitas ibadah belum bisa dilakukan secara normal seperti sebelum wabah Covid-19 melanda Kota Bertuah.

"Tapi tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19," pinta walikota.

Pengurus rumah ibadah, kata walikota, mesti membuka rumah ibadah dengan tatanan ibadah yang baru. Dalam artian, pengurus berupaya menerapkan kaifiat baru dalam beribadah dengan penetapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tidak merubah subtansi peribadatannya, namun hanya mengatur tatacara operasional di lapangannya ketika hendak beribadah.

Di antaranya seperti menjarakkan shaf, tidak berjabat tangan antar jamaah, mencuci tangan, jemaah sakit tidak boleh hadir ke masjid, membawa sajadah sendiri dari rumah dan seterusnya.

"Pengaturan selanjutnya kita serahkan ke Kemenag, MUI dan pimpinan lembaga dakwah," ucap walikota.

Kebijakan kembali membuka rumah ibadah yang diambil walikota ini juga tidak terlepas dari keberhasilan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam melaksanakan PSBB selama 42 hari terakhir. Yang mana sebaran wabah Covid-19 dapat ditekan.

Terbukti, selama PSBB tahap tiga atau PSBB terakhir yang dilaksanakan terhitung 22 hingga 28 Mei 2019, hanya terdapat satu kasus konfirmasi positif corona di Pekanbaru.

Menurut walikota, keberhasilan itu adalah buah dari kedisplinan dan kepatuhan masyarakat Kota Pekanbaru terhadap instruksi pemerintah. Untuk itu, walikota menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, TNI/Polri dan semua pihak yang sudah bekerjasama dalam menekan sebaran wabah corona di Pekanbaru.

"Kerjasama semua pihak ini menempatkan Kota Pekanbaru sebagai salah satu kota yang berhasil melaksanakan PSBB," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris MDI Pekanbaru Erman Gani yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik kebijakan dari Walikota Pekanbaru dengan kembali membuka masjid untuk pelaksanaan ibadah.

"Kami lega dan bahagia dengan kebijakan ini," ucapnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+