Tidak Terpapar Corona, Begini Kronologis Meninggalnya ASN di Kamar Mandi Masjid

Kamis, 11 Juni 2020 - 20:15:06 WIB Cetak

Jenazah Jhon Desrianto saat dievakuasi tenaga medis dari kamar mandi Masjid Nur Salim, Kamis (11/6/2020) pagi.

Betuah Pekanbaru - Jhon Desrianto (46), Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang ditemukan meninggal di dalam kamar mandi Masjid Nur Salim komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) pada Kamis (11/6/2020) pagi, dipastikan tidak terpapar virus corona atau Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi mengatakan, Jhon tidak dimasukkan dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebagai mana biasa karena korban diketahui memiliki riwayat penyakit hipertensi.

"Kalau punya riwayat hipertensi, pasien bisa mengalami stroke atau jantung. Karena punya riwayat hipertensi, almarhum tak kami masukkan ke kategori PDP," ungkapnya, Kamis sore.

Sementara itu dari keterangan pihak kepolisian, Jhon yang diketahui berdinas di kantor Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya itu sudah berada di komplek MPP sejak Rabu (10/6/2020) malam.

Ia sudah berada di komplek MPP sejak pukul 21.00 WIB dan bertemu temannya yang seorang Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemko Pekanbaru. Kepada temannya itu, Jhon sempat berinteraksi.

"Setelah datang kemudian bertemu saksi (teman almarhum). Kemudian menumpang toilet," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu'min Wijaya melalui Kasubag Humasnya Iptu Budhia Dianda kepada wartawan, Kamis siang.

Awalnya, saksi tidak manaruh curiga meski Jhon lama tak kunjung kembali dari toilet. Namun pada Kamis dini hari sekitar pukul 05.00 WIB, saksi masih melihat sepeda motor almarhum tetap terparkir di tempat parkir.

"Kemudian dicari-cari, tapi tidak ketemu dengan yang bersangkutan (saksi)," terang Iptu Budhia.

Saksi lantas mencarinya ke toilet masjid dan mendapati pintu kamar mandi terkunci dari dalam. Walau sudah digedor, namun tidak ada sahutan. Saksi pun melaporkannya ke personel Satpol PP yang tengah berdinas.

"Ketika diintip oleh saksi ke dalam (kamar toilet), terlihat korban posisinya terduduk di lantai toilet," ucapnya.

Menurut kepolisian, tidak ditemukan tanda kekerasan pada tubuh almarhum.

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat laki-laki dengan posisi tersandar di dalam kamar mandi Masjid Nur Salim, hebohkan kantor Walikota Pekanbaru di Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman.

Informasi penemuan mayat yang diketahui seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ini, pertama kali disampaikan pengurus Masjid Nur Salim, Azhar.

"Izin bapak ibu sekalian. Menerima info bahwa ada yang meninggal di kamar mandi Masjid Nur Salim kompleks MPP/eks walikota, tapi tidak ada yang berani mendekat. Mohon tenaga medis atau Kapus Langsat yang terdekat mengirimkan anggota ke TKP," tulisnya melalui pesan WhatsApp, Kamis (11/6/2020) pagi.

Dari kartu identitasnya, korban bernama Jhon Desrianto, usia 47 tahun, warga Jalan Dahlia Indah, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, dengan status pekerjaan sebagai ASN/PNS.

Atas informasi itu, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru langsung menerjunkan tenaga medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sudah untuk melakukan evakuasi terhadap mayat korban.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin menyebut, mayat korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahcmad Riau.

"Untuk penyebab meninggalnya belum diketahui. Saat ini baru kita evakuasi ke RSUD Arifin Ahcmad," ucapnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+