Tidak Gunakan Masker Saat PHB, Warga Pekanbaru Siap-siap Disanksi

Jumat, 12 Juni 2020 - 17:30:55 WIB Cetak

Juru Bicara Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah mulai memberlakukan Peraturan Walikota (Perwako) tentang Perilaku Hidup Baru (PHB) atau New Normal Life. Dalam aturannya, warga wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Juru Bicara Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menyatakan, ada sanksi yang disiapkan bagi warga yang tidak menggunakan masker atau melanggar protokol kesehatan.

"Mereka bisa mendapatkan teguran. Kalau untuk perorangan, maksimal mereka nanti disanksi administratif, sehingga tidak bisa mengakses layanan publik. Kalau untuk kelembagaan, izin usahanya bisa dicabut," ungkapnya, Jumat (12/6/2020).

Disampaikan Ingot, sesuai Perwako Nomor 104 Tahun 2020 tentang Pedoman PHB Masyarakat Produktif dan Aman dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, aktivitas warga tidak dibatasi seperti saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun demikian, sebut dia, warga tetap dihimbau mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 salah satunya wajib menggunakan masker saat beraktivitas dan bekerja di luar rumah.

"PSBB memang tidak diperpanjang, tetapi kewajiban untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) tidak diakhiri. Justru dalam PHB ini kita mempermanenkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker di masa PSBB, untuk kehidupan selanjutnya," tegas Ingot.

Ia mengatakan, Perwako tentang PHB itu telah disosialisasikan kepada warga baik melalui media sosial, aparat penegak peraturan daerah (perda), TNI, Polri, Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, hingga kecamatan dan kelurahan se-Kota Pekanbaru.

"Kemudian (sosialisasi juga dilakukan) OPD teknis masing-masing, misalnya Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) menyosialisasikan di pusat perbelanjaan dan pasar-pasar," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+