Rusunawa Rejosari Siap Tampung 180 Pasien Positif Corona OTG

Rabu, 05 Agustus 2020 - 15:47:36 WIB Cetak

Plh Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldi

Betuah Pekanbaru - Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari di Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, siap menampung sebanyak 180 pasien positif corona berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Zaini Rizaldi menyebut, ada 90 kamar isolasi yang disiapkan pemerintah kota di Rusunawa Rejosari untuk menampung pasien positif OTG.

"Seluruh ruangan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti listrik, telepon, dan konsumsi agar pasien tidak perlu keluar rusun," ujarnya, Rabu (5/8/2020).

Jelang dilakukan relokasi terhadap pasien positif corona OTG yang kini menjalani isolasi mandiri di rumah, Zaini mengatakan jika tim dari Dinas Kesehatan sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan tokoh masyarakat di kawasan Rusunawa Rejosari.

"Sebelum dipindahkan, pasien Covid-19 ini akan dilakukan pemeriksaan dulu. Kalau ada gejala lain, kita arahkan ke rumah sakit rujukan. Kalau tidak, langsung ke rusunawa," ucapnya.

Kemudian selama menjalani isolasi, Dinas Kesehatan akan melakukan pemantauan kepada pasien setiap beberapa jam sekali. Tujuannya untuk memastikan pasien tidak keluar dari rusunawa karena berpotensi menularkan ke orang lain.

"Selain itu, pedagang ataupun masyarakat tidak kita benarkan berkunjung. Kita usahakan juga mereka nyaman sampai hasil berikutnya dinyatakan negatif," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah kota tengah menyiapkan Rumah Sehat di Rusunawa Rejosari sebagai tempat isolasi pasien positif corona yang tidak memiliki gejala.

Kebijakan itu diamabil lantaran biaya isolasi dan perawatan medis bagi pasien positif yang tidak menunjukkan gejala umum Covid-19 tidak ditanggung oleh pemerintah. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+