Positif Corona Melonjak, Pekanbaru Segera Berlakukan PSBM

Selasa, 01 September 2020 - 13:17:00 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, segera memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) guna memutus sebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, penerapan PSBM yang akan diterapkan sesuai kesepakatan bersama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota mengingat terjadinya lonjakan kasus positif sejak beberapa pekan terakhir.

Dalam PSBM ini, pembatasan seperti yang diberlakukan pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu hanya diterapkan per wilayah seperti kecamatan dan kelurahan yang terjadi peningkatan kasus positif.

"Jadi PSBB dalam wilayah tertentu ini dinamakan PSBB Mikro. Mikro ini wilayahnya, apakah itu di dalam kelurahan atau kecamatan," ucap walikota, Selasa (1/9/2020).

Disampaikan walikota, untuk penetapan wilayah PSBM sendiri akan tergantung hasil analisa dari tim epidemiologi Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. Secara prinsip, Pemko Pekanbaru sangat mendukung upaya dari Pemprov Riau.

"Kami akan membahas bersama tim gugus tugas kota dan provinsi untuk penentuan wilayah yang akan diterapkan PSBB Mikro. Tentu nanti, penerapan PSBB Mikro itu akan kami lakukan di wilayah yang tingkat kerawananannya tinggi atau zona merah," ungkapnya.

Disebutkan walikota, saat ini ada beberapa wilayah di Pekanbaru yang berada di zona merah. "Namun tim yang akan menentukan apakah perlu dilakukan PSBM," ujarnya.

Selain PSBM, lanjut walikota, pemerintah provinsi juga meminta pemerintah kabupaten dan kota meningkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan dan melakukan swab test secara massal. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+