Rumah Sehat Rusunawa Rejosari Mulai Isolasi 4 Pasien Corona

Jumat, 04 September 2020 - 15:33:03 WIB Cetak

Rusunawa Rejosari yang terletak di Jalan Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya. (Foto/Surya/Riau1)

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 4 pasien positif Covid-19 tidak bergejala atau OTG, kini mulai menjalani isolasi di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari Jalan Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya.

"Iya, sekarang sudah ada 4 orang yang diisolasi di sana," ungkap Pj Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil, Jumat (4/9/2020).

Dikatakan Jamil, penempatan pasien positif OTG di Rusunawa Rejosari sesuai dengan SK Walikota Pekanbaru guna memberikan pelayanan bagi warga yang terpapar corona tapi tidak bergejala.

Pasalnya, untuk biaya perawatan medis bagi OTG tidak ditanggung Pemerintah Pusat dan terpaksa mereka melakukan isolasi mandiri di rumah tempat tinggal. Jika tidak memiliki ruangan khusus di rumah, bisa mengajukan isolasi di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari.

"Nanti kita evaluasi sejauh mana penanganan kita terhadap OTG di sana," ucap Jamil.

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy menyebutkan, tiga dari 4 pasien positif di Rusunawa Rejosari merupakan satu keluarga.

"Iya, ada satu keluarga. Anak dan orang tua," ucapnya.

Pria yang akrab disapa dokter Bob ini menyatakan, pasien yang diisolasi di rumah sehat akan terus dipantau oleh tim kesehatan. "Kita memantau kondisi pasien, agar tidak keluar rumah," ujar dia.

Selain memantau kesehatan pasien, petugas kesehatan juga menyiapkan keperluan seperti makan. Jika diperlukan, pasien juga bakal difasilitasi untuk dirujuk ke rumah sakit. 

"Pasien yang bisa isolasi di sana dipantau hingga sembuh, hari ketujuh atau kedelapan akan periksa swab ulang. Jika hasilnya negatif, baru dipulangkan ke rumah tempat tinggal," tutup Zaini. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+