Positif Corona OTG Diingatkan Tidak Beraktivitas di Luar Rumah

Senin, 14 September 2020 - 15:19:31 WIB Cetak

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Warga yang terpapar virus corona tidak bergejala atau OTG yang menjalani isolasi mandiri di rumah tempat tinggal, diingatkan untuk tidak beraktivitas di luar ruangan.

Menurut Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, jika positif OTG tetap beraktivitas di luar rumah maka akan semakin memicu melonjaknya sebaran wabah Covid-19.

"Jangan malah hasil swab positif, tapi tetap beraktivitas. Ini yang akan membuat wabah menyebar ke mana-mana. Kasihan keluarga kita dan masyarakat," ucapnya, Senin (14/9/2020).

Kemudian jika positif OTG tidak memiliki ruangan khusus di rumah tempat tinggal, maka bisa menjalani isolasi secara gratis di Rumah Sehat Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari di Tenayan Raya.

"Kalau rumahnya tidak memadai, pemerintah kota sudah menyiapkan Rumah Sehat, silahkan isolasi di sana," pintanya.

Di samping itu, wawako juga mengimbau warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat khususnya bagi yang ada gejala umum covid seperti demam dan batuk.

"Jika mulai demam, batuk, segeralah ke layanan kesehatan. Kalau bisa langsung swab. Kalau hasil positif, bisa isolasi mandiri atau bisa ke rumah sakit. Ini penting sebagai antisipasi penyebaran wabah covid," tutupnya.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, per tanggal 13 September 2020 total terkonfirmasi Covid-19 berjumlah sebanyak 1.604 kasus. Rinciannya, 474 orang dinyatakan sembuh, 914 menjalani isolasi mandiri, 186 dirawat di rumah sakit dan 30 meninggal dunia. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+