Tahap Verifikasi Lokasi, Kelurahan Tobek Godang Menuju Proklim 2020

Rabu, 16 September 2020 - 16:27:19 WIB Cetak

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, saat live streaming verifikasi lokasi Proklim tahun 2020, Selasa (15/9/2020)

Betuah Pekanbaru - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan verifikasi terhadap lokasi Program Kampung Iklim (Proklim) di Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat mengatakan, dalam program berlingkup nasional yang dikelola secara langsung oleh Kementerian LHK itu, pihaknya telah mengusulkan satu RW yakni RW 01 sebagai lokasi Proklim tahun 2020.

Verifikasi sendiri berlangsung secara live streaming antara tim verifikasi KLHK dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Karhutla Wilayah Sumatera Heri Mulyono dan Maralo bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Selasa (15/9/2020).

"Kemudian dari Kelurahan Tobek Godang, kita mengikuti verifikasi melalui live streaming di kantor," ucapnya, Rabu (16/9/2020).

"Alhamdulillah verifikasi berjalan lancar. Untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak, Babinsa dan Bhabinkantibnas yang telah mendukung Proklim Kelurahan Tobek Godang," ulas Yasir.

Berdasarkan hasil verifikasi itu, tim KLHK menilai persiapan Kelurahan Tobek Godang menuju Proklim 2020 sudah bagus.

"Tanggapan Pak Heri (tim verifikasi), Alhamdulillah persiapan kita sudah bagus. Sub streaming kita diakuinya, walaupun di tingkat perkotaan," ucap Yasir.

Saat ini, terang dia, pihak kelurahan hanya tinggal mensinkronkan titik koordinat Proklim. 

"Karena di google, titik koordinat kita masih tercatat di Kelurahan Delima. Jadi nanti kita buat laporan bahwa Tobek Godang merupakan wilayah pemekaran dari Kelurahan Delima. Hanya tingggal itu saja lagi," tutupnya.

Untuk diketahui, Kelurahan Tobek Godang merupakan satu-satunya kelurahan di Kota Pekanbaru yang masuk nominasi Proklim tahun 2020 Kementerian LHK.

Proklim merupakan program berlingkup nasional dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+