Restoran Terapung di Sungai Siak Pekanbaru Mulai Beroperasi

Ahad, 04 Oktober 2020 - 17:35:04 WIB Cetak

Restoran Terapung Quantung Cruise/Foto Media Center Riau.

Betuah Pekanbaru - Satu unit kapal yang dimodifikasi menjadi sebuah restoran terapung yang diberi nama Quantung Cruise, kini mulai beroperasi di Sungai Siak, Pekanbaru.

Pengoperasian Quantung Cruise diresmikan secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, bertempat di Dermaga Rumah Singgah Tuan Kadi di Kecamatan Senapelan, Sabtu (3/10/2020) kemarin.

Disampaikan walikota, keberadaan restoran terapung tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam membangkitkan ekonomi yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Di Kota Pekanbaru ada tiga sektor yang menggerakkan perekonomian, yakni jasa, perdagangan, dan industri. Untuk industri, kami fokus pada industri pariwisata," ucapnya.

Melalui industri pariwisata, sebut walikota, pemerintah kota mencoba menggali potensi yang ada di Sungai Siak dengan menyiapkan restoran terapung Quantung Cruise.

"Saat ini, kapal Quantung Cruise ini sudah dapat diperasikan. Kondisinya sangat menarik dan nyaman," ujarnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus, saat berada di atas restoran terapung Quantung Cruise. (Foto Humas Pemko Pekanbaru)

Dalam pengoperasiannya, terang walikota, pengelola Quantung Cruise sudah menyediakan paket-paket wisata dengan rute berkeliling Sungai Siak. 

"Mudah-mudahan aman. Karena semua perlengkapan sesuai standar Kementerian Perhubungan dan perizinan yang mensyaratkan kapal wisata yang dioperasikan dengan persyaratan keamanan. Paketnya sangat terjangkau. Mudah-mudahan ini menjadi solusi untuk menggerakkan pariwisata di Pekanbaru," harapnya.

Sementara itu, Owner Quantung Cruise Aherson mengatakan, untuk saat ini jam operasi testoran terapung masih dibatasi hingga pukul 19.00 WIB lantaran ada pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di 4 kecamatan.

"Kalau pandemi berakhir, atas izin pemerintah dan KSOP bisa dibuat berlayar sampai pukul 22.00 malam," sebut dia.

Disampaikan Aherson, direncanakan akan ada 30 travel agent yang bekerjasama dengan Quantung Cruise. Nantinya, paketnya disandingkan dengan travel.

"Ada paket lunch sama dinner, berkisar Rp70 ribu, itu berjalan 1,5 jam. Untuk makanan, tiap hari kita ganti. Ikan dan daging. Daging atau ayam. Kemudian ada juga paket pariwisata," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #wisata+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+