BPBD Pekanbaru Bentuk 6 Kelurahan Tangguh Bencana

Senin, 23 November 2020 - 16:59:53 WIB Cetak

Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, kini sudah membentuk 6 kelurahan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana.

Keenam kelurahan tersebut tersebar di Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai dan Payung Sekaki.

"Keenam Kelurahan Tangguh Bencana ini terdiri dari Kelurahan Tobek Godang, Palas, Srimeranti, Industri Tenayan, Tirta Siak dan Bandar Raya," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Senin (23/11/2020).

Keenan Kelurahan Tangguh Bencana, terang Zarman, juga merupakan kelurahan yang rawan terjadinya bencana alam seperti banjir.

Sehingga dengan ditetapkan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana, masing-masing kelurahan dimaksud bisa memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

"Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat agar bisa berperan aktif mengurangi reskio bencana," ucapnya.

"Peran serta masyarakat ini diperlukan karena penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi merupakan tanggung jawab bersama," tutup Zarman menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+