Penutupan U-Turn Picu Kemacetan di Jalan Tuanku Tambusai

Rabu, 02 Desember 2020 - 19:47:23 WIB Cetak

Kendaraan yang melintas di Jalan Tuanku Tambusai dari arah Soekarno-Hatta menuju Jenderal Sudirman terlihat terjebak kemacetan pada Rabu (2/12/2020) sore. Sementara dari arah Sudirman ke Soekarno Hatta terpantau lancar.

Betuah Pekanbaru - Penutupan jalur berbalik arah atau U-turn secara permanen di kawasan persimpangan Jalan Paus-Tuanku Tambusai, menjadi pemicu kemacetan arus lalu lintas dari arah Soekarno-Hatta menuju Jalan Jenderal Sudirman.

U-turn tersebut mulai ditutup secara permanen oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sejak Senin (30/11/2020) malam.

Menyikapi hal itu, Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pekanbaru Edy Sofyan menyatakan jika penutupan yang dilalukan telah berdasarkan kajian terlebih dahulu.

"Itu sudah ada kajian. Kawasan itu crossing (kendaraan) cukup tinggi dan jaraknya (dari Jalan Paus) juga terlalu dekat, makanya ditutup mati," ungkapnya, Rabu (2/12/2020).

Disampaikan Edy, penutupan yang dilakukan pihaknya bukanlah hal baru, tapi sudah berlangsung sejak lama. Hanya saja, diakui dia penutupan sebelumnya tidak bersifat permanen seperti saat ini.

"Penutupan U-turn itu sebenarnya sudah lama, cuma sekarang kami menggunakan yang portable, permanen. Sebelumnya dibuka tutup sama pak ogah, maka ditutup permanen," ucapnya.

Meski dilakukan penutupan secara permanen, terangnya, namun pihaknya masih mengevaluasi kebijakan tersebut. Jika kemacetan tidak bisa diurai, ada kemungkinan U-turn dibuka kembali untuk setengah jalur.

"Sekarang masih dievaluasi, masih kita pantau, karena kan ada trouble error. Jadi tetap dievaluasi, bukan berarti barang mati. Evaluasi kita kerjasama dengan Satlantas," ujarnya.

"Nanti ada beberapa opsi, bisa kita buka separoh, timur ke timur kita matikan, tidak boleh crossing dari Paus. Bisa saja suatu saat kita buka untuk barat ke barat. Kalau untuk sekarang belum, karena kita kemarinnya sepakat tutup mati," ulasnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+