Pekanbaru Gandeng Tiga Kabupaten Tetangga Penuhi Kebutuhan Pangan Warga

Senin, 28 Desember 2020 - 16:15:35 WIB Cetak

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT Sarana Pangan Madani (SPM) dengan beberapa mitra dari salah satu program pengembangan usaha, yang disaksikan langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (28/12/2020).

Betuah Pekanbaru - Tiga kabupaten tetangga yang masuk dalam kawasan Pekansikawan di antaranya Kampar, Siak dan Pelalawan digandeng Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk memenuhi kebutuhan pangan warga.

"Karena Pekanbaru, Kampar, Siak dan Pelalawan (Pekansikawan) adalah satu kawasan metropolitan," ucap Walikota Pekanbaru Firdaus MT, usai penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT Sarana Pangan Madani (SPM) dengan beberapa mitra dari salah satu program pengembangan usaha, bertempat di ruang rapat lantai 5 komplek perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Senin (28/12/2020).

"Maka kekuatan dalam kemitraan (Pekansikawan) kita utamakan, karena itu nanti sangat membantu warga kita untuk mendapatkan kepastian barang pangan dengan harga terjangkau," ulasnya.

Di Kabupaten Siak, kata walikota, Pemko Pekanbaru melalui PT SPM selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sudah melakukan kontrak farming dengan kelompok tani yang ada di Kecamatan Bunga Raya.

"Di Kecamatan Bunga Raya luas tanam saat ini sudah mencapai 300 hektar lebih. Ke depan direncanakan di atas 3 ribu hektar," ungkapnya.

Begitu juga dengan kerjasama yang sudah dijalin oleh PT SPM dengan kelompok tani yang ada di Pelalawan dan di Kampar.

"Untuk di Kampar dan Pelalawan ini juga sudah jalan. Khusus di Kampar, itu masih dalam kelompok-kelompok kecil. Tetapi kita juga berusaha untuk memanfaatkan potensi pangan yang ada di Kampar di dalam berbagai bidang dan diharapkan dapat ditingkatkan lagi," papar walikota.

Dengan adanya kerjasama kawasan Pekansikawan, walikota berharap bisa memberikan kepastian kepada warga untuk dengan mudah mendapatkan barang pangan berkualitas, baik dan harga terkendali.

"Jadi itulah salah satu upaya kita untuk memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan kesejahteraan warga," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+