Kontrak dengan Dua Perusahaan Berakhir, Sampah Menumpuk di Pekanbaru

Senin, 04 Januari 2021 - 13:44:29 WIB Cetak

Kepala Dinas LHK Pekanbaru Agus Pramono, turut merapikan tumpukan sampah yang berserakan dan menumpuk hingga ke badan jalan, Senin (4/1/2021).

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, kini tengah menghadapi persoalan sampah. Yang mana sejak awal Januari 2021 kemarin, hampir seluruh ruas jalan di dalam Kota Bertuah terlihat tumpukan sampah dan hingga kini tak kunjung diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Agus Pramono menyebutkan, tumpukan sampah tersebut terjadi akibat kerjasama pengangkutan sampah dengan PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah telah berakhir terhitung 31 Desember 2020.

Dengan berakhirnya kerjasama, pihak DLHK kembali melakukan pelelangan untuk mencari rekanan yang akan bertugas melakukan pengangkutan sampah pada tahun ini.

"Saat ini proses lelang sedang berlangsung di LPSE (Layanan p
Pengadaan Secara Elektronik) Kota Pekanbaru," ungkapnya, Senin (4/1/2021).

Jelang adanya pemenang lelang, kata Agus, sejak 1 Januari kemarin sampah yang telah menumpuk diangkut pihaknya secara swakelola.

"Jadi untuk pengangkutan di jalan-jalan terutama di jalan protokol dan tempat-tempat badan usaha, itu dilakukan oleh DLHK," ucapnya.

Sementara untuk pengangkutan sampah di lingkungan masyarakat, terang Agus, sesuai hasil rapat dengan Forum Komunikasi RT dan RW, tumpukan sampah diangkut secara mandiri oleh warga di lingkungan masing-masing.

"Pengangkutan sampah pada prinsipnya DLHK bertanggung jawab untuk mengangkutnya di seluruh wilayah Pekanbaru. Namun dengan keterbatasan kendaraan angkutan sehingga mengalami keterlambatan," ujarnya.

"Sehubungan dengan pemenang lelang belum ada dan banyaknya tumpukan sampah, saya selaku Kadis DLHK mohon maaf atas ketidak nyamanan atas kondisi tersebut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada pemenang lelang pengangkutan sampah," harapnya menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+