Peduli Bencana, Aksi Bumbung Kemanusiaan Pramuka Pekanbaru Kumpulkan Rp67 Juta

Rabu, 03 Februari 2021 - 21:51:43 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil bersama Ketua Kwarcab Pramuka Masykur Tarmizi dan pengurus, saat Aksi Bumbung Kemanusian halaman perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Rabu (3/2/2021).

Betuah Pekanbaru - Aksi Bumbung Kemanusian yang ditaja Kawrcab Pramuka Pekanbaru sejak 21 Januari lalu, hingga kini sudah berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp67 juta lebih.

Aksi Bumbung Kemanusian merupakan cara unik yang dilakukan Pramuka dalam menggalang dana kepedulian untuk sebuah tujuan tertentu. Dahulu, aksi ini biasanya menggunakan media bambu untuk menampung dana yang dikumpulkan.

Nantinya, dana yang terkumpulkan akan disalurkan ke sejumlah wilayah di tanah air yang diterpa berncana alam seperti di Sulawesi Barat dan Kalimantan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, menyampaikan apresiasi atas Aksi Bumbung Kemanusian yang dilakukan Kwarcab Pramuka Pekanbaru tersebut.

"Terima kasih kepada Ketua Kwarcab Pekanbaru Bapak Masykur Tarmizi, dimana sejak kepemimpinan beliau kerja nyata sudah nampak. sinergi antara pemerintah kota dan gerakan pramuka kami harap terus berjalan ke depannya," ucap dia, pada penutupan Aksi Bumbung di halaman perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Rabu (3/2/2021).

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pekanbaru Masykur Tarmizi menyebutkan, Aksi Bumbung Kemanusian sebagai bentuk kepedulian setiap anggota pramuka guna membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana alam.

"Setiap anggota pramuka memiliki rasa kepedulian. Makanya kita sebut ini Bumbung Kemanusiaan, karena hasilnya nanti disalurkan untuk membantu korban bencana di Sulbar dan Kalsel," ungkapnya.

Untuk itu, Masykur mengajak seluruh anggota pramuka dan masyarakat secara umum agar tidak ragu-ragu dalam membantu korban bencana alam lewat Bumbung Kemanusiaan. Masyarakat bisa menyumbangkan berapapun jumlah dananya.

"Aksi ini juga merupakan implementasi dari salah satu Dasa Darma Pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia," ujar Masykur.

Kemudian kepada donator yang telah memberikan sumbangsi, ia menyampaikan terima kasih karena telah berpartisipasi dengan total donasi terkumpul sebesar Rp 62.700.000. Nantinya, donasi itu akan disalurkan melalui Kwarda Paramuka Riau dan Kwarcab Pekanbaru. 

"Terima kasih kepada masyarakat, pengurus, Pemko Pekanbaru dan semua pihak yang telah melancarkan kegiatan ini. Semoga dibalas oleh Allah SWT. Pramuka Pekanbaru siap menjadi supporting Pemko Pekanbaru," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+