Pekanbaru dan BWSS III Berencana Bangun Waterfront City di Sungai Siak

Kamis, 04 Februari 2021 - 20:21:05 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus dan jajaran, saat pertemuan dengan Kepala BWSS III Sahril.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III, berencana untuk membangun Waterfront City atau konsep pengembangan daerah tepian air sebagai lokasi wisata air di pinggiran Sungai Siak.

Wacana itu disampaikan langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT, usia pertemuan dengan Kepala BWSS III Sahril, bertempat di ruang kerja kantor walikota setempat, Kamis (4/2/2021).

Dikatakan walikota, selain pembangunan Waterfront City yang merupakan salah satu upaya dalam mengatasi persoalan banjir di Kota Bertuah, juga akan dilakukan normalisasi Sungai Siak dan anak-anak sungai.

"Jadi kita berharap bisa menuntaskan permasalahan banjir nantinya," harap dia.

Di lokasi pembangunan Waterfront City, sebut walikota, juga akan dilakukan pembangunan turap beton sehingga betul-betul bisa menjadi pusat wisata dan ekonomi.

Pembangunan turap sendiri nantinya akan terhubung dari Jembatan Siak III ke Jembatan Siak IV. Lalu terhubung ke Jembatan Siak V di Okura.

"Kawasan ini potensi besar dalam pengembangan wisata air di Sungai Siak. Apalagi sudah ada restoran kapal yang beroperasi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BWSS III Sahril mengungkapkan bahwa pihaknya bakal membuat beberapa langkah untuk membuat MOU sebagai jaminan pendanaan baik dari pusat, provinsi maupun kota. 

"Ada prioritas dalam perencanaan untuk normalisasi sungai guna mencegah banjir. Nanti diprioritaskan titik rawan banjir, untuk mencegah banjir," ujarnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+