Diawali Pembangunan Pabrik Pupuk, Okura jadi Kawasan Industri Manufaktur

Sabtu, 06 Februari 2021 - 14:17:24 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, kini tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebagai kawasan industri manufaktur untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kami mempersiapkan kawasan industri untuk UMKM di Okura. Sekarang sudah mulai yang diawali dengan pembangunan pabrik pupuk," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (6/2/2021).

Meski belum beroperasi, sebut walikota, namun pengelola pabrik pupuk telah mulai mempekerjakan warga lokal khusunya untuk pembangunan konstruksi bangunan.

"Jadi pembangunan konstruksi pabrik tersebut menyerap tenaga kerja dari warga sekitar," ungkapnya.

Disampaikan walikota, Kawasan Industri Manufaktur itu merupakan bagian dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)Kota Pekanbaru seluas 3.700 hektare. 

"Seluas 1.550 hektare masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Lahan seluas itu untuk pembangunan pabrik kelapa sawit di Kawasan Industri Tenayan (KIT)," paparnya. 

Pembangunan pabrik kelapa sawit sendiri membutuhkan modal hingga Rp30 triliun. Para investor sudah antre untuk pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit ini. 

"Ada satu kelompok yang dikoordinir oleh pemerintah pusat. Satu kelompok lainnya langsung dengan Pemko Pekanbaru. Satu kelompok lainnya di tingkat nasional," tutup walikota. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+