Dari Kolam Pancing, Taman Refi Kulim Kini jadi Pusat Wisata Edukasi

Senin, 15 Februari 2021 - 13:07:50 WIB Cetak

Taman wisata Refi di Jalan Seroja Ujung, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Berawal dari kolam pancing, saat ini Taman Wisata Refi yang terletak di Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru, sudah menjadi salah satu pusat wisata edukasi di Kota Bertuah.

Selain menjadi pusat wisata, taman rekreasi yang baru dibuka tersebut juga telah mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi warga setempat dan pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Senin (15/2/2021) menceritakan, tiga tahun lalu, Taman Wisata Refi di Jalan Seroja Ujung itu awalnya merupakan lahan yang tidak produktif berupa sedikit kebun sawit, memiliki dua anak sungai dan hanya ditumbuhi semak belukar. 

"Namun pada tahun 2017, para tim sukses (timses) meminta pekerjaan yang berkelanjutan. Saya bilang, mari kita sama-sama menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengelola potensi yang ada di sekitar," ujarnya.

"Kita harus menjadi masyarakat yang cerdas yang mampu melihat potensi dan peluang serta melakukan eksplorasi," ulas Firdaus menerangkan.

Dengan potensi yang dimiliki, Taman Wisata Refi pun berhasil disulap Firdaus bersama tim sukses menjadi lokasi wisata untuk meningkat perekonomian warga khususnya di kawasan wisata tersebut.

"Awalnya hanya kolam pancing. Hal ini berjalan dua tahun. Akhirnya kami melihat bahwa masyarakat Pekanbaru butuh tempat rekreasi. Maka kami kembangkan kawasan ini menjadi tempat wisata alam dengan konsep edukasi," paparnya.

"Dalam pembangunannya, kami menggunakan tenaga lokal. Lebih 200 pedagang dan karyawan 60 orang bekerja di Taman Refi saat ini," ulas Firdaus.

Tidak hanya itu, lanjut dia, Taman Wisata Refi juga akan dilengkapi Rumah Tahfiz sehingga anak-anak sekitar bisa belajar mengaji. (***)



Baca Juga Topik #wisata+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+