Walikota Pekanbaru Perintahkan Camat dan Lurah Waspadai Karhutla

Senin, 22 Februari 2021 - 16:37:11 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus MT, memerintahkan kepada seluruh camat dan lurah agar meningkatkan kewaspadaan dari potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Begitu juga kepada tokoh masyarakat, RT, RW dan semua komponen untuk selalu siaga dan waspada. Siaga dan waspada dari berbagai kemungkinan terjadinya karhutla," pinta walikota, usai rapat secara virtual tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021 bersama Presiden RI Joko Widodo, bertempat di ruang rapat lantai 5 perkantoran terpadu di Tenayan Raya, Senin (22/2/2021).

Menurut walikota, meski Kota Bertuah sejauh ini masih tergolong aman dari ancaman karhutla, namun kewaspadaan mesti tetap diperlukan khususnya di wilayah-wilayah dengan tanah gambut yang dinilai rawan terjadi kebakaran lahan.

"Seperti di Payung Sekaki, itu puntung rokok saja bisa memicu kebakaran lahan," tegasnya.

"Makanya kita himbau semua komponen untuk selalu siaga. Karena di kondisi seperti ini (musim kemarau), hati-hati dengan apapun yang bisa mengakibatkan terjadinya percikan api," pesan walikota menambahkan.

Kemudian kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar mempersiapkan tim dan peralatan. BPBD harus siap melakukan upaca pencegahan dan pemadaman begitu terjadinya kebakaran lahan.

"OPD (Organisasi Perangkat Daerah) teknis harus standby dengan tim dan peralatan," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+