Sejumlah Kelompok Ternak di Kota Pekanbaru Terima Asuransi

Rabu, 24 Februari 2021 - 15:42:33 WIB Cetak

Kepala Distankan Pekanbaru Syahmanar S Umar saat menyerahkan kartu asuransi ternak kepada masing-masing penerima, bertempat di kantor Distankan setempat, Rabu (24/2/2021).

Betuah Pekanbaru - Sejumlah kelompok peternak di Kota Pekanbaru, menerima kartu asuransi ternak yang diberikan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) setempat bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Riau serta PT Jasindo.

Kartu asuransi ternak itu diserahkan Kepala Distankan Pekanbaru Syahmanar S Umar peda masing-masing penerima disaksikan Kepala Bidang Agribisnis DPKH Riau Heri Afrizon dan Manager PT Jasindo Hamdan, Rabu (24/2/2021).

Adapun kelompok ternak yang menerima kartu asuransi tersebut di antaranya Bapak Fatoni dari Kelompok Mandiri Sejahtera Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Kemudian Poppy Kusumawati dari Kelompok Mandiri Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Selanjutnya Katiman dari Kelompok Sumber Rezeki Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, dan Mujari dari Kelompok Jadirejo, Kelurahan Pebatuan, Kecamatan Tenayan Raya.

Disampaikan Syahmanar, penerima kartu asuransi ternak hanya dikhususkan bagi kelompok ternak yang telah terdaftar di kelompok ternak binaan pihaknya.

"Melalui asuransi ternak ini, diharapkan kita dapat perlindungan dalam beternak karena resiko yang terjadi akan ditanggung oleh pemerintah secara penuh," ungkapnya.

"Apa yang dibuat oleh pemerintah merupakan motivasi karena peserta asuransi akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Hal ini sangat positif supaya tetap berusaha dan tidak merasa was-was," ulas Syahmanar.

Sementara itu, Kepala Bidang Agribisnis DPKH Riau Heri Afrizon menyebutkan bahwa dengan terbitnya asuransi ternak ini maka akan ada nilai tambah. Jika ternak mengalami kematian dan masuk dalam polis asuransi akan ditanggung seratus persen oleh pemerintah.

"Data DPKH Riau melalui ISIKHNAS tahun 2020, sudah terdaftar sebanyak 1.879 peternak dari target 2000 peternak yang menerima asuransi ini. Tahun 2021 kita punya target 3.000 peternak yang akan diasuransikan," ucap dia. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+