Walikota Pekanbaru Dorong OPD Terapkan Pelayanan Berbasis IT

Selasa, 02 Maret 2021 - 22:51:41 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menerapkan informasi teknologi (IT) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan walikota, pelayanan mesti berbasis IT mengingat Kota Bertuah sendiri sudah termasuk sebagai Kota Metropolitan. Hal itu juga sejalan dengan visi misi menuju Pekanbaru sebagai kota Smart City yang Madani.

"Perubahan dalam manajemen pengelolaan sebuah kota, yang sudah berada di kategori kota metropolitan ini, semua harus sudah mengacu pada manajemen yang modern dengan penggunaan sistem yang dikelola dengan IT," ucapnya, Selasa (2/3/2021).

Disampaikan walikota, manajemen pengelolaan menggunakan IT dapat diterapkan pada bidang umum seperti bidang persampahan, perparkiran, pelayanan kesehatan, angkutan umum, layanan kependudukan, dan pelayanan perizinan. 

Hal ini dinilai dapat lebih mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Masyarakat dapat mengakses layanan secara cepat dan baik. 

"Alhamdulillah dari beberapa pelayanan umum yang dinilai pemerintah pusat sebagai sebuah prestasi, terutama di bidang kependudukan catatan sipil dan perizinan. Kita dapat bocoran akan ada penghargaan yang diberikan Kemenpan-RB. Di dua bidang ini kita (Pemko Pekanbaru) termasuk yang terbaik," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+