Walikota Pekanbaru Perintahkan OPD Teknis Waspada Kebakaran Lahan

Senin, 08 Maret 2021 - 17:22:02 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, memerintahkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi kebakaran lahan.

"Walaupun dua hari terakhir turun hujan, namun secara iklim, kita masih berada pada musim kemarau. Untuk itu, kewaspadaan harus kita tingkatkan," pintanya, Senin (8/3/2021).

Dikatakan walikota, terdapat sejumlah OPD yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan kabakaran lahan. Di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

OPD teknis dimaksud, lanjut walikota, mesti saling berkoordinasi guna mengantisipasi kebakaran lahan.

"Jadi semua harus terpadu. Semua dinas teknis ini mesti satu tim dalam penanganan karhutla," tegasnya.

Begitu juga kepada pihak kecamatan, kelurahan, RT, RW dan Masyarakat Peduli Api agar secara terus menerus memberi edukasi kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Karena RT, RW, kelurahan dan Masyarakat Peduli Api merupakan ujung tombak bagi kita dalam mengingatkan warga. Karena dalam kondisi perubahan cuaca, ini tentu menjadi perhatian kita, baik untuk penanganan lingkungan maupun kebakaran lahan," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+