BPBD Pekanbaru Minta Bantuan Armada Operasional ke Pemprov Riau

Kamis, 11 Maret 2021 - 19:50:55 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, mengajukan permohonan bantuan armada operasional ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan, bantuan armada operasional itu sangat diperlukan pihaknya guna melokalisir bila terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Saat ini, kata dia, BPBD Kota Pekanbaru hanya memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran dan dua unit mobil pickup untuk operasional petugas. 

"Karena keterbatasan armada, kita sudah sampaikan permohonan untuk bantuan sarana prasarana tersebut ke pemerintah provinsi," ucapnya, Kamis (11/3/2021).

Selain armada operasional, lanjut Zarman, pihaknya juga mengajukan pembuatan rumah sehat apabila kondisi kasus karhutla meningkat ke depannya.

Menurutnya, dengan ketersediaan sarana prasarana saat ini masih kurang apabila kasus kebakaran lahan mengalami peningkatan mengingat Kota Bertuah masih berada di musim kemarau.

Sepanjang 2020 ini, sambung dia, sudah terjadi sebanyak 20 kejadian kebakaran lahan di Kota Pekanbaru dengan luas lahan terbakar mencapai 13 hektare lebih.

"Lahan yang terbakar ini merupakan lahan kosong yang diduga sengaja di bakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+