Kementerian LHK Apresiasi Inovasi Lurah Tobek Godang Bangun Kampung Iklim

Selasa, 16 Maret 2021 - 13:54:58 WIB Cetak

Staf Ahli Menteri LHK Afni Zulkifli dan Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, menaman bibit sirsak yang masuk dalam kawasan Kampung Iklim dan Kampung Tangguh Kelurahan Tobek Godang, Selasa (16/3/2021).

Betuah Pekanbaru - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH), memberikan apresiasi terhadap inovasi Lurah Tobek Godang Yasir Arafat yang telah bekerja keras dalam membangun Kampung Iklim.

Apresiasi itu disampaikan Staf Ahli Menteri LHK Afni Zulkifli, usai peninjauan sekaligus menyerahkan ribuan bibit sirsak yang dipusatkan di Kampung Tangguh, RW 03 Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, Selasa (16/3/2021).

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tobek Godang menerima bibit sirsak dari perwakilan Dinas LHK Provinsi Riau.

Dikatakan Afni, inovasi yang telah dilalukan Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, mesti ditiru oleh lurah lainnya mengingat di Kota Pekanbaru dengan jumlah 83 kelurahan, baru Tobek Godang yang merealisasikan Kampung Iklim.

"Kami sangat apresiasi dan bangga sekali dengan lurahnya. Kami berharap apa yang telah dilakukan Lurah Tobek Godang bapak Yasir Arafat, juga bisa dijadiin contoh oleh lurah lainnya bahkan camat," ucapnya.

"Jadi pak wali (walikota) harus bangga juga punya lurah seperti Lurah Tobek Godang. Karena tidak mudah untuk mewujudkan itu (kampung iklim) dan mendapatkan sertifikat Proklim (dari KLHK), karena banyak item-item yang dinilai," tegas Afni menambahkan.

Disebutkannya, Kampung Iklim merupakan lokasi yang berada di wilayah administratif paling rendah setingkat rukun warga atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa, atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan.

Di Kampung Iklim, terang Afni, warga diajak beradaptasi dan melakukan mitigasi perubahan iklim. Kegiatan adaptasi dan mitigasi ini meliputi banyak hal yang sangat membutuhkan partisipasi aktif dari warga di lingkungan sekitar.

"Seperti adaptasi, itu bagaimana kita mengatasi banjir, longsor dan lainnya. Kalau mitigasi, kita bisa mengatasi masalah sampah. Jadi harus ada partisipasi aktif warga," paparnya.

Oleh Kementerian LHK, sambung Afni, ditargetkan ada sebanyak 20 ribu Kampung Iklim di Indonesia hingga 2024 mendatang.

"Sampai saat ini baru ada 2.775 Kampung Iklim. Ini terus kita gesa dengan kerja kolaboratif multi pihak," tutupnya.

Sementara itu, Lurah Tobek Godang Yasir Arafat menyampaikan terima kasih kepada Menteri LHK dan khususnya Staf Ahli Afni Zulkifli yang sudah menyempatkan diri berkunjung ke Kampung Iklim dan Kampung Tangguh Kelurahan Tobek Godang.

"Ini merupakan motivasi bagi kita untuk terus bekerja terutama dalam menyukseskan Program Kampung Iklim (Proklim) Kementerian LHK," ucapnya.

Di kesempatan itu, Staf Ahli Menteri LHK Afni Zulkifli turut melakukan penanaman bibit sirsak di lahan yang masuk dalam kawasan Kampung Iklim dan Kampung Tangguh Kelurahan Tobek Godang. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+