Walikota Solok Pelajari Strategi Walikota Pekanbaru Kembangkan Wilayah

Jumat, 19 Maret 2021 - 22:47:35 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, saat memaparkan konsep pengembangan kota di hadapan Walikota Solok Zul Elfian Umar.

Betuah Pekanbaru - Walikota Solok Zul Elfian Umar didampingi sejumlah pejabatnya, Jumat (19/3/2021) melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru. Salah satu yang menjadi perhatiannya bagaimana strategi Walikota Pekanbaru Firdaus MT dalam pengembangan wilayah.

Dikatakan Zul Elfian Umar, pihaknya tertarik tentang konsep pembangunan yang diusung Walikota Pekanbaru Firdaus MT, sehingga Kota Bertuah digadang-gadang menjadi Capital City of Sumatera.

"Banyak hal yang kami ingin pelajari kepada pihak Pemko Pekanbaru. Terutama tentang pembangunan Kota Pekanbaru, strategi investasi dan pemekeran kecamatan dan kelurahan," ucapnya.

Dari pemaparan yang disampaikan Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Zul Elfian Umar bahkan tertarik menjadikan Kota Pekanbaru sebagai Sister City (Kota Kembar) Kota Solok.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru mengaku telah memaparkan penjang lebar tentang pemerataan pembangunan baik itu dari segi kependudukan maupun dari segi infrastruktur kepada Walikota Solok dan rombongan.

"Tujuan pemekaran ini adalah merupakan suatu bentuk investasi pembangunan daerah yang dapat kita lihat dari jumlah penduduk yang cukup tinggi, perekonomian yang meningkat dan pembangunan infrastruktur yang memadai," terang dia.

Walikota Pekanbaru Firdaus juga memaparkan visi Kota Pekanbaru. Yang mana sesuai Perda Kota Pekanbaru Nomor 1 Tahun 2001,  Yaitu Terwujudnya Kota Pekanbau Sebagai pusat perdagangan dan jasa, menjadi pusat pendidikan serta pusat kebudayaan Melayu dan menuju masyarakat sejahtera berlandaskan Iman dan Taqwa.

Untuk percepatan pencapaian visi Kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru menerapkan beberapa strategi. 

Pertama adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang bertaqwa, mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi. Hal ini mengingat Pekanbaru minim sumber daya alam (SDA). 

Kedua, mewujudkan pembangunan masyarakat Madani, ketiga, mewujudkan tata kelola kota cerdas dan penyediaan infrastruktur yang baik.

"Keempat, mewujudkan pembangunan ekonomi berbasiskan ekonomi kerakyatan dan ekonomi padat modal, pada sektor unggulan, yaitu Jasa, Perdagangan, dan Industri (Olahan dan MICE). Terakhir,  mewujudkan lingkungan perkotaan yang layak huni (Liveable City) dan ramah lingkungan (Green City)," papar walikota. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+